Nuansa Lingkungan Batik Sendang

0 203

Nuansa Lingkungan Batik Sendang

Pembuatan batik di Lamongan masih banyak yang menggunakan cara tradisional seperti yang diajarkan oleh nenek moyang suku Jawa yaitu dengan menggunakan canting. Alat yang bernama canting ini dipakai untuk membuat bentuk gambar malam pada permukaan kain yang akan di batik. Berbagai bentuk gambar dan juga pola yang memperlihatkan bentuk alam dan juga lingkungan merupakan salah satu ciri dari motif  batik yang dibuat masyarakat Lamongan. Motif batik dari Lamongan ini beberapa diantaranya bukan hanya merupakan sebuah bentuk motif saja tetapi beberapa diantaranya merupakan motif batik yang memiliki makna akan hidup manusia yang dapat baik untuk dipelajari dan juga dipahami.

Motif batik dengan ragam hias lingkungan masih banyak yang dipakai dan juga dipertahankan dalam pembuatan motif batik oleh masyarakat Desa Sendangagung. Motif yang dipakai sebagai ragam hias utama dalam jenis motif batik daerah ini pada umumnya menggunakan bentuk motif yang memperlihatkan gambar flora dan juga fauna. Berbagai macam bentuk gambar motif batik yang memperlihatkan bentuk tumbuhan seperti daun, bunga dan juga buah tetap merupakan motif baju batik yang dominan pada baju batik dari daerah Lamongan ini. Sementara untuk warna motif batik yang sering dipakai oleh masyarakat Lamongan ini merupakan warna yang menjadi lambang akan tiga jenis alam yang akan dilewati oleh manusia dalam perjalanannya dari awal hidup hingga meninggalkan dunia ini.

Warna tersebut adalah warna putih, warna merah dan warna hitam. Warna putih adalah warna yang menjadi wakil bagi alam garba yaitu alam ketika manusia masih berada dalam kandungan ibunya, kemudian warna merah adalah warna yang memperlihatkan kehidupan manusia di dunia dan yang terakhir, warna hitam adalah warna yang mewakili alam baka, yaitu alam setelah manusia meninggal dunia. Motif Batik Sendang saat ini dapat dibagi menjadi dua golongan yaitu Motif Batik Tradisional dan juga Motif Batik Sendang yang bersifat modern.  Perkembangan zaman dan juga dunia mode membuat motif batik modern saat ini cukup berkembang di daerah ini dan motif batik ini mewakili motif batik yang memperlihatkan gaya hidup yang modern dari masyarakat daerah ini.

Source Nuansa Lingkungan Batik Sendang Batik
Comments
Loading...