Nuansa Lawasan Batik Klaten

0 59

Nuansa Lawasan Batik Klaten

Di setiap daerah yang ada di Indonesia, khususnya Pulau Jawa,  corak atau motif batik memang memiliki perbedaan dan kekhasannya masing-masing.  Begitu pula dengan batik asal Klaten, Jawa Tengah. Salah seorang pengrajin batik asal Klaten, Poniyem yang merintis usaha ‘Batik Retno Mulyo Klaten’ ini mengungkapkan, Motif Batik Klaten memang mengikuti pakem Batik Solo yang merupakan corak pakem dari warisan budaya nenek moyang bangsa Indonesia. Motifnya sendiri serupa Motif Parang, Babon Angrem, Gajah Birowo, Bisang Baslih, Daun Kluweh, dan masih banyak lagi.

Namun seiring dengan perkembangan, motif batik yang pakem itu pun mulai dipadukan dengan motif kontemporer untuk menyesuaikan dengan selera pasar. Pakai motif kontemporer juga supaya bisa dipadu pas pemakaiannya. Selain urusan mempertahankan pakem, yang paling menonjol dan menjadi ciri khas batik Klaten adalah pemilihan dasar warna yang didominasi warna soga dan dana radi atawa kuning emas.

Namun melihat tren tahun 2016-2017 di pasar Batik Klaten, warna yang terdapat Batik Klaten yang paling digandrungi saat ini adalah motifnya pakem dengan pewarnaan lawasan. Warna lawasan itu warna yang tampak sudah dipakai bertahun-tahun, tapi malah menimbulkan kesan hidup dan anggun terutama untuk warna alam. Sementara itu, memiliki pengalaman selama hampir 41 tahun sebagai buruh batik, Sipon mengungkapkan, dirinya tahu betul urusan ciri batik Klaten sehingga langsung terjun dalam menggarap usaha batik Klatennya. Usaha yang dirintisnya dari tujuh tahun lalu itu telah mendapatkan beberapa penghargaan.

Source http://m.ayobandung.com/ http://m.ayobandung.com/read/20170507/78/19391/nuansa-lawasan-batik-klaten
Comments
Loading...