Nuansa Bahari di Secarik Batik Tanggamus

0 10

Nuansa Bahari di Secarik Batik Tanggamus

Tanggamus adalah salah satu kabupaten yang ada di Lampung. Ibukotanya Kota Agung. Mayoritas penduduk Kota Agung adalah suku Lampung asli, yang lainnya adalah penduduk pendatang. Kota Agung menjadi ibukota kabupaten Tanggamus sejak berdirinya kabupaten Tanggamus yaitu sekitar tahun 1997. Kota yang relatif masih muda ini merupakan kota lama yang terletak di kaki Gunung Tanggamus dan di tepi utara Teluk Semaka.

“Tapis Sai Tanggom” adalah motto masyarakat Kabupaten Tanggamus. Sedangkan “Bung Lumba” merupakan simbol Kabupaten Tanggamus. Simbol ini sudah terkenal se-Tanggamus hingga di luar daerah Tanggamus. Di sini, saat berjalan ke sudut-sudut kota, maka akan banyak menjumpai gambar lumba-lumba. Nah, ikon lumba-lumba inilah yang kemudian menjadi motif kain Batik Tanggamus.

Untuk melihat Batik Tanggamus berkunjung ke Sanggar Ratu binaan Dekranasda Tanggamus yang terletak di Pekon Banding Agung, Kecamatan Talang Padang yang pengrajinnya adalah Bapak Omansyah Adok Minak Jaga. Menurut Hendra Ferry, SE, MM, sebagai sekretaris umum yang mendampingi Dewi Handajani, SE,MM, Ketua Umum Dekranasda Tanggamus (istri bupati Tanggamus), keberadaan Sanggar Ratu ini merupakan wadah para perajin lokal, juga sarana promosi handycraft Kabupaten Tanggamus, baik itu pengrajin batik maupun lainnya.

Bahari di atas batik, demikian menyebut motif batik Tanggamus. Motif yang mengingatkan pada batik Danar Hadi, dimana motifnya berupa biota laut seperti terumbu karang, udang dan koral. Tanggamus seperti ingin memperkenalkan kemaritiman Indonesia dalam bentuk batik dan pewarnaannya. Motif batik yang jumpai di sini antara lain motif Bung Lumba, motif Bunga Kamphai (buah tomat kecil/ cherry) dan motif batik Sanggi. Batik Sanggi ini punya motif yang kental dengan nuansa pesisirnya, berbentuk gambar ketinting atau jukung (perahu khas Lampung), cadik, pohon ara (pohon kehidupan) dan nelayan.

Source http://www.travelerien.com http://www.travelerien.com/2016/01/bahari-di-atas-batik-tanggamus.html
Comments
Loading...