Sentra Ningrat Batik

0 170

Ningrat Batik

Ningrat Batik berada di Desa Sumbergirang, Lasem, jurusan wisata kuliner Lontong Tuyuhan makanan Khas Lasem. Lokasi Ningrat Batik sangatlah Luas memiliki halaman parkir yang nyaman, dibagian depan terdapat Showroom untuk memajang hasil Batik Tulisnya, sedangakan dibagian belakang dan serambi kanan rumah digunakan untuk proses pembuatan Batik Tulis, pengunjung yang datang bisa dengan leluasa melihat proses pembuatannya, selain itu juga terdapat pemandu yang selalu siap untuk menjelaskan dari awal pembuatan sampai akhir proses pembuatan batik, selian itu ibu – ibu pekerjanya sangatlah ramah bahkan si Turis dipersilahkan untuk ikut membatik.

Ningrat Batik didirikan oleh Bapak Rifai beserta istri, awal mula mereka merintis usaha batik ini pada akhir tahun 2008. Saat itu mereka hanya memperkerjakan 2 orang saja, karena berka keuletan dan usaha promosi ke semua pihak akhirnya bertambah menjadi 4 orang, kemudian 10 orang, dan sampai sekarang sudah mencapai ± 300 orang. Karyawan yang mereka pekerjakan adalah warga disekitar rumahnya, karena tujuan dari Bapak Rifai dan Istri adalah menciptakan pekerjaan baru bagi warga disekitar rumahnya. Seperti yang kita ketahui bahwa kecamatan Lasem berada di pesisir utara jawa yang mana mayoritas bekerja sebagai nelayan, dan petani, penghasil mereka tidak menentu jika musim panen maka penghasilannya banyak dan begitu sebaliknya jika sedang musim paceklik maka susah sekali untuk mendapatkan penghasilan. Denagn adanya sentra batik seperti Ningrat Batik ini maka bisa menjadi penghasilan tambahan yang menjajikan bagi warga di Lasem.

Ternyata tidak semua karyawan mengerjakan pembuatan batik di Ningrat batik, karena pada tahapan proses pembuatan batik tertentu bisa dikerjakan dirumah masing – masing, seperti pada proses nglengkrengi, nerusi, dan nembok bisa dikerjakan di rumah masing – masing karyawan. Sedangkan untuk proses ngelir, lorot dan penjemuran wajib dikerjakan di Ningrat Batik dan proses itu dikerjakan sebanyak 10 orang.

Ningrat Batik Lasem ternyata juga melayani pemesanan, dan ternyata pemesan dari Ningrat Batik Lasem ini berasala dari beberapa kota di Indonesia seperti dari Jakarta, Semarang, Surabaya, Jogjakarta, Kudus, Blora, Pati, dan masih banyak kota – kota yang lain. Pemesanan terbanyak yang pernah dialami Ningrat Batik Lasem adalah Customer dari Kudus yaitu sebanyak 556 lembar. Tetapi Ningrat Batik juga melayani pemesanan dalam taraf kecil seperti 10 lembar, 5 lembar, bahkan 2 .

Kisaran harga yang dijual di Ningrat Batik mulai dari Rp. 100.000,- untuk pola sederhana sampai Rp. 4.000.000,- untuk pola yang sulit. Mengapa Batik Tulis sangatlah mahal, karena seni Batik hampir sama dengan seni Lukisan, butuh ketelitian, kesabaran dan keuletan dalam menciptakan karya seni seperti Batik ini, sehingga tugas kita sebagai generasi penerus bangsa adalah melestarikan Batik serta mengenalkan Batik ke mata Dunia.

Source Ningrat Batik Batik
Comments
Loading...