Nilai Seni Batik Tulis

0 289

Nilai Seni Batik Tulis

Pembutan Batik yang dilakukan dengan teknik yang dikenal dengan batik tulis merupakan jenis batik yang paling mahal yang ada, walaupun banyak orang yang mengetahui bahwa Batik Tulis merupakan jenis batik yang paling mahal, masih banyak orang yang belum mengetahui apa yang menyebabkan batik tulis ini memiliki harga yang sangat mahal. Pembuatan Batik Tulis menjadi sangat mahal karena batik dengan jenis tulis untuk dapat menjadi suatu produk yang jadi dan siap untuk dijual memerlukan sebuah proses yang sangat sulit dan membutuhkan orang yang sangat ahli untuk dapat menghasilkan Batik Tulis yang sangat indah. Sebuah produk batik tulis yang sudah jadi bisa diberi harga sangat mahal dan dapat mencapai jutaan rupiah untuk satu lembar kainnya.

Batik Tulis dibuat dengan cara menggunakan suatu alat khusus yang dipakai oleh para seniman batik semenjak zaman dahulu, yaitu canting. Untuk dapat menghasilkan sebuah kain batik dengan menggunakan alat yang bernama canting ini membutuhkan waktu pembuatan yang cukup bervariasi. Waktu pembuatan dapat berlangsung hanya beberapa jam tetapi bisa juga mencapai hitungan bulan dan bahkan hingga mencapai tahun untuk seorang seniman batik dapat menyelesaikan sebuah kain batik yang memiliki motif batik yang indah.

Berbagai jenis lukisan yang menggunakan canting dalam pembuatannya akan menghasilkan suatu jenis Batik Tulis yang memiliki nilai seni yang sangat tinggi. Batik yang dibuat dengan teknik tulis ini memang merupakan sebuah karya yang dapat disejajarkan dengan berbagai maha karya yang dibuat oleh para seniman dari bidang yang lain, seperti pelukis dan juga pemahat patung. Dengan tingginya nilai seni sebuah batik, banyak orang yang kemudian memberikan makna bahwa batik tulis merupakan sebuah seni dan bukan hanya sebuah produk tekstil biasa.

Source Nilai Seni Batik Tulis Batik
Comments
Loading...