infobatik.id

Nilai-nilai Dasar Dalam Batik Mega Mendung

0 52

Nilai-nilai Dasar Dalam Batik Mega Mendung

Mega Mendung merupakan salah satu motif yang menjadi ciri khas dari Cirebon. Motif ini merupakan percampuran antara budaya Cirebon dengan budaya Cina, kemudian motif ini dikembangkan sesuai dengan selera masyarakat Cirebon yang beragama Islam. Ciri khas Mega Mendung atau awan-awanan ini terdapat pada motifnya yang berbentuk seperti awan bergumpal gumpal dengan warna tegas seperti merah dan biru.

Mega Mendung mengandung arti Mega adalah awan sedangkan Mendung adalah awan hujan. Mega Mendung melambangkan si pembawa hujan yang sangat di nanti-natikan sebagai pembawa kesuburan dan pemberi kehidupan. “Mega Mendung ini diciptakan oleh Pangeran Cakrabuana, awal mula dari penguasa Cirebon yang mengandung makna pengayoman penguasa terhadap rakyatnya”.

Berikut nilai-nilai dasar dalam Mega Mendung bisa dilihat dari nilai penampilan, nilai isi dan nilai pengungkapan :

  • Nilai Penampilan (Appearance) atau disebut juga nilai wujud yang melahirkan benda seni. Nilai ini terdiri dari nilai bentuk dan nilai struktur, nilai bentuk yang bisa dilihat secara visual adalah Motif Mega Mendung dalam sebuah kain yang menggunakan bahan berupa kain katun atau kain sutera. Sedangkan dalam nilai strukturnya adalah dihasilkan dari bentuk-bentuk yang disusun sedemikian rupa berdasarkan nilai esensial. Bentuk-bentuk tersebut berupa garis-garis lengkung yang disusun beraturan dan tidak terputus saling bertemu.
  • Nilai Isi (Content) yang terdiri atas nilai pengetahuan, nilai rasa, intuisi atau bawah sadar manusia, nilai gagasan, dan nilai pesan atau nilai hidup yang terdiri atas nilai moral, nilai sosial, nilai religi. Bentuk Mega Mendung dilihat dari garis lengkung yang beraturan secara teratur dari bentuk garis lengkung yang paling dalam (mengecil) kemudian melebar keluar (membesar) menunjukkan gerak yang teratur. Garis lengkung yang beraturan ini membawa pesan moral dalam kehidupan manusia yang selalu berubah, kemudian berkembang keluar untuk mencari jati diri dan pada akhirnya membawa dirinya memasuki dunia baru menuju kembali ke dalam penyatuan diri setelah melalui pasang surut, yang pada akhirnya kembali ke asalnya. Sehingga dapat dilihat pada bentuk Mega Mendung yang selalu terbentuk dari lengkungan kecil, kemudian bergerak membesar terus keluar dan pada akhirnya harus kembali lagi menjadi putaran kecil namun tidak boleh terputus. Karena dapat dilihat dari makna filosofi bahwa Mega Mendung melambangkan kehidupan manusia secara utuh sehingga bentuknya harus menyatu.
  • Nilai Pengungkapan (Presentation) yang dapat menunjukkan adanya nilai bakat pribadi seseorang, nilai keterampilan dan nilai medium yang dipakainya. Ungkapan yang ditampilkan oleh senimannya berupa proses batik yang indah dengan menunjukkan hasil karyanya. Panduan unsur warna yang harmonis dengan penuh makna. Unsur warna biru yang kita kenal dengan melambangkan warna langit yang begitu luas, bersahabat dan tenang. Warna biru pada Batik Mega Mendung juga diartikan sebagai lambang kesuburan sehingga warna batik tersebut pada awalnya selalu memberikan unsur warna biru diselingi dengan warna dasar merah.
Source http://eprints.uny.ac.id/27625/1/Prasetyaningtyas%2C%2007207241013.pdf
Comments
Loading...