Nilai-Nilai dalam Batik Jetis Sidoarjo

0 258

Nilai-Nilai dalam Batik Jetis Sidoarjo

Dalam setiap batik yang dibuat pasti memiliki nilai-nilai yang terkandung dalam batik yang dibuat tak terkecuali Batik Sidoarjo yang memiliki nilai-nilai yang terkandung dalam batiknya. Berikut ini beberapa nilai-nilai yang terdapat dalam Batik Jetis Sidoarjo, antara lain:

  • Nilai Seni

Batik Jetis yang bervariasi, baik dari bahan, proses pembuatannya, maupun motifnya yang sekarang berkembang dengan pesat dan banyak diproduksi. Batik Jetis bisa digunakan sebagai pakaian adat, pakaian resmi, pakaian seragam, pakain harian maupun lenan rumah tangga.

  • Nilai Budaya

Di lihat dalam sehelai kain Batik Jetis yang dihiasi dengan perpaduan antara motif, ornament, warna, dan corak sehingga akan dihasilkan sebuah karya seni yang juga memiliki nilai manfaat sebagai penutup raga.

  • Nilai Historis

Sejarah Batik Jetis berasal pada zaman Kerajaan Islam dibawa oleh Mbah Mulyadi seorang raja Islam keturunan raja yang dikejar oleh tentara Belanda yang melarikan diri ke Sidoarjo. Mbah Mulyadi mendirikan suatu komunitas menyamar sebagai pedagang sebagai alat komunikasi antara manusia dengan manusia maka dia membentuk suatu komunitas, yaitu semacam pasar kaget dimana di sana tempatnya orang berkumpul. Disitulah Mbah Mulyadi mempengaruhi orang-orang untuk mengajar ngaji, mendirikan masjid, mengajar keterampilan-keterampilan membatik karena batik identik dengan warga yang memerintah di daerahnya.

  • Nilai Ekonomis

Dimana pengrajin batik akan mendapatkan uang atau imbalan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dimana keberadaan batik di kampung tersebut memberikan lapangan pekerjaan bagi para pengrajin. Untuk memenuhi permintaan pasar sebagai eksistensi batik itu sendiri sehingga motif tidak ketinggalan zaman.

  • Nilai Pendidikan dan Filosofis

Upaya nilai pendidikan dan filosofis khususnya pada Batik Jetis dapat dilakukan dengan membawa batik ke sekolah baik dalam bentuk pelajaran intrakulikuler ataupun ekstrakulikuler. Dengan upaya tersebut generasi muda khususnya pelajar menjadi mengenal batik secara lebih mendalam. Agar dapat mengetahui dan mempelajari proses pembuatan batik, jenis-jenis motif, dan corak Batik Jetis Sidoarjo, berarti ikut dalam melestarikan budaya batik.

Pengetahuan akan keanekaragaman Motif-motif Batik Jetis sebelum adanya improvisasi telah membuktikan bahwa budaya para leluhur sangat terampil. Pameran Batik Jetis yang digelar perlu lebih menekankan pada pengenalan nilai sejarah batik, tidak hanya pengenalan sekilas tentang kain batik saja tanpa ada tidak lanjut yang lebih mendalam. Jangan sampai aset budaya yang tak ternilai harganya hilang bersama hilangnya kepedulian kita untuk nguri-uri budaya sendiri.

Source Nilai-Nilai dalam Batik Jetis Sidoarjo Batik
Comments
Loading...