Nilai Luhur Kain Besurek dari Bengkulu Bumi Rafflesia

0 10

Nilai Luhur Kain Besurek dari Bengkulu Bumi Rafflesia

Kain besurek adalah kain khas bengkulu dengan dasar utamanya kaligrafi aksara Arab. Besurek adalah dialek Bengkulu dari Bahasa Melayu yang berarti bersurat atau tulisan. Kain besurek merupakan kekayaan budaya khas Bengkulu. Melalui sehelai kain, masyarakat budaya mewartakan hakekatnya. Penggunaan kain besurek dalam upacara adat sangatlah kental, setiap motif mewakili pesan tertentu.

Kini kain besurek tidak hanya difungsikan dalam upacara adat namun juga merambah pada dunia fashion. Agar tidak menabrak pakem tentunya ada pengaturan kain besurek yang diperbolehkan untuk fungsi fashion secara umum. Melihat ciri khas kain besurek, orang mengenalinya sebagai buah budaya nilai luhur Bengkulu. Kain besureksebagai identitas pembeda sekaligus pewarta atau surat dari budaya Bengkulu kepada penikmatnya.

Tak pelak kain besurek adalah warisan budaya Nusantara yang perlu dilestarikan. Pada perkembangannya kain besurek lebih variatif, tetap mengandung unsur kaligrafi namun bukan hanya pada makna kalimat dan bergeser ke arah dekoratif estetika dan dipadukan dengan flora fauna unggulan daerah Bengkulu. Salah satu yang terkenal adalah kombinasi modifikasi kaligrafi dengan bunga Rafflesia arnoldi dengan lima daun mahkota mengelilingi bagian dalam bunga yang berupa ceruk berisi benang sari atau putik sarana proses perkembangbiakan.

Pelekatan motif bunga Rafflesia arnoldi pada kain besurek juga pewarta yang efektif, inilah buah budaya Bengkulu Bumi Rafflesia. Sekaligus menjadi pewarta Puspa Langka bagian bunga nasional yang perlu dilindungi, sesanti komitmen untuk melakukan konservasi agar identitas ini tidak punah. Kearifan lokal memelihara alam agar lestari dengan melindungi padma kekayaan bangsa yang terancam punah.

Nilai Luhur Kain Besurek dari Bengkulu Bumi Rafflesia

Apabila besurek secara harafiah berarti bersurat atau tulisan, bukankah hidup setiap titah ciptaan berakalbudi yang paling tinggi adalah hakekat besurek? Kehidupan adalah surat yang terbuka, setiap yang diperjumpakan bisa membaca surat atau pesan melalui kehidupan keseharian pribadi titah. Surat macam apa yang diembannya, besurek yang tidak merugikan sokur meneduhkan sekitar adalah dambaan setiap pembaca pesan tulisan. Betapa luhur nilai kain besurek dari Bengkulu Bumi Rafflesia.

Source https://www.kompasiana.com/ https://www.kompasiana.com/nprih/nilai-luhur-kain-besurek-dari-bengkulu-bumi-rafflesia_5978aeb570dad90f367682f3
Comments
Loading...