Nilai Dasar dalam Batik Megamendung

0 198

Nilai Dasar dalam Batik Megamendung

Batik Megamendung merupakan salah satu ciri khas batik yang berasal dari Cirebon. Meskipun Batik Megamendung terpengaruh oleh budaya Cina tetapi dalam penuangannya secara fundamental berbeda. Motif Megamendung Cirebon mengandung sarat makna religious dan filosofi.

Nilai-nilai dasar dalam Megamendung adalah sebagai berikut :

  • Nilai penampilan atau nilai wujud yang melahirkan benda seniNilai ini terdiri dari nilai bentuk dan nilai struktur. Nilai bentuk yang bisa dilihat secara visual adalah motif Megamendung dalam sebuah Batik Cirebon yang indah terlepas dari penggunaan bahan berupa kain katun atau sutera. Sedangkan nilai struktur adalah nilai yang dihasilkan dari bentuk-bentuk yang disusun secara rapi berdasarkan nilai esensial. Bentuk-bentuk tersebut berupa garis-garis lengkung yang disusun beraturan dan tidak terputus saling bertemu.
  • Nilai isi yang terdapat pada Motif Megamendung bisa dilihat dari garis lengkung  yang beraturan secara teratur dari bentuk garis lengkung yang paling dalam (mengecil) kemudian melebar keluar (membesar) menujukkan gerak yang teratur harmonis. Bisa dikatakn bahwa garis lengkung yang beraturan ini membawa pesan moral kehidupan manusia yang selalu berubah (naik dan turun) kemudian berkembang keluar untuk mencari jati diri (belajar/menjalani kehidupan sosial agama) dan pada akhirnya membawa dirinya memasuki dunia baru menuju kembali kedalam penyauan diri setelah melalui pasang surut (naik dan turun) dan pada akhirnya kembali ke asalnya (sunnatullah). Terlepas dari makna filosofi bahwa Megamendung melambangkan kehidupan  manusia secara utuh sehingga bentuknya harus menyatu. Dilihat dari sisi produksi memang mengharuskan kalau bentuk garis lengkung megamendung harus bertemu pada satu titik lengkung berikutnya agar pada saat pemberian warna pada proses yang bertahap (dari warna muda ke warna tua) bisa lebih memudahkan.
  • Nilai pengungkapan yang ditampilkan oleh seniman batik berupa proses Batik Cirebon yang begitu indah dengan memberikan goresan lilin lewat alat yang dinamakan canting terbuat dari bahan tembaga tipis yang dibentuk secara hati-hati sehingga lilin panas yang melewati ujung canting bisa mengalir dengan lancar. Paduan unsur warna yang harmonis dengan penuh makna bagi siapa yang melihatnya. Unsur warna biru yang kita kenal dengan melambangkan warna langit yang begitu luas, bersahabat dan tenang. Ditambah lagi dengan ada yang mengartikan bahwa biru melambangkan kesuburan sebagai pembawa hujan. Warna Batik Megamendung pada awalnya selalu memberikan unsur warna biru diselingi dengan warna dasar merah yang menggambarkan psikologi masyarakat pesisir yang lugas, terbuka, dan egaliter.
Source Nilai Dasar dalam Batik Megamendung Batik
Comments
Loading...