Nia, Pembatik Aceh Raih Medali Emas Tingkat Nasional

0 132

Nia, Pembatik Aceh Raih Medali Emas Tingkat Nasional

Gadis itu bernama Nia Astutik, siswi kelas XI jurusan Kriya Tekstil SMK N 1 Masjid Raya. Ia mencintai kerajinan tangan dan telah banyak menghasilkan produk kriya tekstil, khususnya pada batik. Nia, panggilan akrab gadis ini, dikenal cerdas dan terampil dalam menciptakan produk tekstil. Ia membuktikan kemampuannya itu ketika mengikuti seleksi lomba tingkat sekolah hingga mewakili Aceh dalam Lomba Keterampilan Siswa (LKS) Nasional 2016 di Malang, Jawa Timur.

Dalam seleksi LKS Nasional 2016 tingkat sekolah yang diikuti oleh tiga siswa, yaitu Nia Astutik, Yusmiati, dan Nurhaliza, Nia terpilih mewakili SMK N 1 Masjid Raya setelah mampu menyelesaikan pembuatan batik lebih cepat dari pada dua temannya. Gadis yang selalu mendapatkan rangking tinggi di kelasnya ini kemudian ikut tahap seleksi tingkat Provinsi Aceh. Sebanyak lima peserta dari dua SMK Industri di Aceh, ikut seleksi tingkat provinsi. Berkat kemampuan membatik yang mumpuni, Nia berhasil menyabet juara I dan membawa pulang medali emas ke SMK N 1 Masjid Raya.

Dengan begitu, Nia harus mengikuti LKS Nasional 2016 di Malang pada Mei 2016 lalu, beradu kemampuan membatik dengan pelajar di seluruh wilayah Indonesia. Nia mendapat juara harapan II dalam LKS nasional itu. Meski demikian, Nia berkesempatan magang selama satu bulan di Yogjakarta dengan bimbingan guru sekolah SMK N 1 Mesjid Raya, Hariawadi. Sebenarnya, Putri dari pasangan Saiful Bahri dan Cut Lawiyah ini berharap bisa menjadi juara I dalam LKS Nasional 2016, tapi pesaing yang banyak dengan kemampuan yang baik membuat harapan Nia tak kesampaian.

Anak kedua dari lima bersaudara ini punya cerita hingga akhirnya menekuni seni kriya. Sejak duduk di bangku SMP N 1 Jantho, ia punya hobi menggambar. Sederet prestasi pun ia raih, seperti juara III tingkat provinsi dan juara I menggambar islami tingkat kabupaten bersama temannya Mursalin. Karenanya, Nia ingin melanjutkan pendidikan di sekolah kejuruan dengan jurusan Tata Busana. Saat itu ia masih tinggal bersama kedua orang tuanya. Namun tiba-tiba, kedua orang tuanya mengalami musibah penipuan sehingga memilih bekerja di luar Aceh. Sementara orang tuanya, berharap Nia tetap melanjutkan pendidikan di Aceh.

Banyak tetangga dan saudara Nia menyarankannya masuk sekolah SMK N 1 Masjid Raya, sekolah industri pertama di Aceh yang terletak pada KM 15, Jln. Laksamana Malahayati, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar. Kini, Nia tinggal di asrama sekolah SMK N 1 Masjid Raya, di JL. Laksamana Malahayati KM 15, Kecamatan Masjid Raya, Kabupaten Aceh Besar. Semua prestasi yang diraih Nia hingga tingkat nasional tidak serta-merta membuatnya bahagia. Ia acap kali sedih ketika mengingat orang tuanya tak lagi bersamanya. Terlebih ketika ia mengikuti LKS Nasional di Malang. Nia sangat berharap kedepan dapat bertemu kembali dengan orangtuanya. Dan berharap mendapat beasiswa untuk melanjutkan kuliah ditempat yang diinginkan.

Source https://habadaily.com/ https://habadaily.com/haba-gaya/7260/nia-pembatik-aceh-raih-medali-emas-tingkat-nasional.html
Comments
Loading...