Ngebatik Sekampung di Kampung Batik Palbatu

0 39

Ngebatik Sekampung di Kampung Batik Palbatu

Batik Indonesia sudah ada sejak abad XIII, merupakan warisan budaya dari nenek moyang kita, konon mengawali tradisi membatik di atas daun lontar. Warisan adiluhung tersebut telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya tak benda tingkat dunia pada 2 Oktober 2009. Kita patut mensyukurinya. Kini batik Indonesia kian berkembang dalam bentuk dan corak warna yang kian beragam.

Batik tidak hanya terbatas sebagai pakaian formil, namum mampu dikenal sebagai busana elegan dan muncul ke berbagai kalangan dan kelas sosial. Batik telah masuk dan berkontribusi dalam perkembangan dunia fesyen. Para desainer pun penuh semangat berkreasi dan memunculkan seni batik Indonesia di dunia internasional.

Kampoeng Batik Palbatu yang sejak tahun 2010 telah secara intens mengajak warganya untuk melestarikan dan mengembangkan batik melalui beragam kegiatan, secara konsisten setiap tahunnya berupaya mengajak semakin banyak orang untuk turut terlibat dan berpartisipasi memberikan edukasi dan inspirasi kepada seluruh warga, khususnya Jakarta, agar semakin mencintai batik dan memanfaatkannya untuk berbagai hal. Melalui kreatifitas seni dan budaya, tahun ini, bertepatan dengan Hari Batik Nasional, Kampoeng Batik Palbatu kembali mengajak segenap warganya dan juga warga Jakarta serta sekitarnya untuk mengambil bagian dalam pelestarian dan pengembangan batik. Kegiatan tahun ini yang kami beri nama ”Ngebatik Sekampung” diharapkan dapat menjadi ajang inspiratif bagi Jakarta dan sekitarnya, sehingga batik akan semakin dicintai dan lestari adanya.

Source http://www.kampoengbatikpalbatu.com/ http://www.kampoengbatikpalbatu.com/ngebatik-sekampung-2-oktober-2014/
Comments
Loading...