Ndalem Gondosuli Bakal Dirikan Museum Batik Digital

0 20

Ndalem Gondosuli Bakal Dirikan Museum Batik Digital

 

Ndalem Gondosuli berencana membuat edukasi mengenai batik dengan batik digital. Digitalisasi motif batik dilakukan dengan lengkap. Mulai dari latar belakang hingga bentuk motifnya. Melalui pembangunan Museum Digital di Gondosuli, Desember mendatang.

Pemilik Ndalem Gondosuli Batik Gallery, Heru Cahyono Notodiningrat menjelaskan, pihaknya sedang menyelesaikan sekolah batik ini. Nantinya setelah jadi, sekolah batik akan menjadi wadah uji coba. Keberadaannya bahkan sudah dikonsultasikan dengan Dinas Pendidikan Surakarta.

”Apalagi dengan kurikulum K13 juga bisa menjadikan murid lebih mengenal karakter batik. Sehingga sasarannya selain edukasi, juga galeri yang menampilkan batik sebagai muatan lokal,” kata Heru kepada Jawa Pos Radar Solo.

Rencananya, sekolah ini akan dibuka pada Desember mendatang. Realisasinya, Ndalem Gondosuli akan bekerja sama dengan Yayasan Batik Indonesia (YBI). Saat ini tengah merampungkan katalog digital. Nantinya dalam katalog ini akan menampung motif batik dari berbagai daerah. Hanya saja saat ini yang sudah tertampung baru motif Solo.

”Terutama Solo dengan ciri khas soganya. Tapi ke depan akan menampung semuanya. Saat ini yang terhitung sudah ratusan motif tercatat,” jelas Heru.

Sekolah ini juga akan menampung edukasi mengenai batik. Mulai dari proses awal hingga pewarnaan. Serta ada kelas teori dan praktek. ”Kalau konsepnya sendiri seperti outing class. Sehingga bisa menampung seluruh murid dari berbagai jenjang. Mulai dari Solo hingga murid lainnya dari seluruh penjuru negeri,” tandasnya.

Humas Yayasan Batik Indonesia (YBI), Titiek Imawati mengatakan, edukasi batik secara digital adalah terobosan pertama kali yang diluncurkan. Tentunya hal ini sesuai dengan generasi milenial yang selalu bersentuhan dengan kemajuan teknologi. Ia berharap museum tersebut dapat dimanfaatkan oleh seluruh kalangan masyarakat. Mulai dari siswa TK hingga masyarakat umum yang ingin belajar batik.

Source https://radarsolo.jawapos.com https://radarsolo.jawapos.com/read/2018/11/12/103254/ndalem-gondosuli-bakal-dirikan-museum-batik-digital
Comments
Loading...