Nanik Hartiningsih, Pengusaha Batik Binaan Semen Indonesia Yang Sukses

0 106

Nanik Hartiningsih, Pengusaha Batik Binaan Semen Indonesia Yang Sukses

Nanik Hartiningsih, guru TK PNS Desa Jarorejo, Kec. Kerek, Kab. Tuban, bertekad meneruskan usaha batik gedog Tuban yg dirintis ibunya di Tahun 1997. Usaha rumahan ini, dengan bendera Melati Mekar Mandiri.  Dimulai dari pelatihan desain produk yang diselenggarakan Unair di Bali, Nanik juga menawarkan batiknya dari rumah ke rumah.

Tanggapan warga Bali terhadap karyanya sangat positif. Volumenya mencapai 100 lembar batik gedog. Ia melakukan pembaharuan dari sisi motif dan warna dengan tetap mempertahankan motif asli. Nanik bergabung dengan Semen Indonesia sebagai mitra binaan pada 2001. Pangsa pasarnya meluas hingga ke Surabaya, Jogjakarta, dan Jakarta.

Kini, jumlah mitra kerja Nanik mencapai 100 orang di wilayah Kerek, dan berbuah penghargaan Citi Microenter preneurship Award (CMA) 2015. “Dari Semen Indonesia saya sudah 3 kali mendapat pinjaman modal. Saya jg sering diajak pameran sehingga dpt konsumen baru,” kata Nanik.

Pada ajang yang berlangsung di Jakarta, 14 Januari 2016, Nanik dinobatkan sebagai pemenang kategori Wirausaha Mikro Sosial. Dan kini Batik kreasi Nanik yang sudah mendapatkan paten dari Dirjen Hak Kekayaan Intelektual (HKI) juga menjadi nilai plus. 

Source https://rayaberita.wordpress.com/ https://rayaberita.wordpress.com/2016/08/22/nanik-hartiningsih-pengusaha-batik-binaan-semen-indonesia-yang-sukses/
Comments
Loading...