Museum Dr AK Gani-Museum Tekstil Jakarta Gelar Pameran Batik

0 63

Beberapa batik koleksi Museum Dr AK Gani Palembang dipamerkan dalam Pameran Perkembangan Batik di Museum Tekstil Jakarta. Dalam pameran ini, koleksi Museum AK Gani masuk dalam tim desainer terkenal Hary Dharsono. Pameran dihadiri banyak tokoh – tokoh  pengusaha seperti Dewi Motik Pramono, dan sejumlah Duta Besar.

Koleksi yang kami tampilkan ini merupakan barang pribadi isteri pak Gani, ibu Masturah. Batik tersebut merupakan sebagian dari batik yang menjadi hadiah pernikahan yang diberikan Dr AK Gani kepada Masturah pada tahun 1952. Batik tersebut sangat eksklusif dan limited edition karena dibuat tokoh nasional / pencipta lagu terkenal Ibu Sud secara terbatas.

Dalam sejarah Indonesia, Ibu Sud hanya membuat 3 batik masing-masing untuk Famawati Soekarno, Tien Soeharto, dan ibu Masturah AK Gani. Dengan melihat koleksi batik ini, kata Yanti, sebetulnya orang juga mendapat gambaran perkembangan batik dari tahun ke tahun.

Menurut Yanti, pihaknya sangat bangga dan mendapat kepercayaan ini. Koleksi batik Museum Dr AK Gani dalam pameran yang digelar atas kerja sama Museum Tekstil  dan Himpunan Warastra Indonesia ini cukup menarik perhatian dan menimbulkan takjub pengunjung.  Sementara itu, Harry Darsono dalam kesempatan itu memberikan tips merawat batik dan mengelola batik secara proposional. Jika ingin membuat batik untuk busana bepergian, misalnya, harus ada pinggiran. Jadi kalau disum atu dijahit pinggir, batiknya tak hilang.

Source http://www.lampost.co/berita-museum-dr-ak-gani-museum-tekstil-jakarta-gelar-pameran-batik.html http://www.lampost.co
Comments
Loading...