Murid SMPM 12 GKB Membuat Desain Batik Khas Gresik

0 76

Murid SMPM 12 GKB Membuat Desain Batik Khas Gresik

Siswa SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik belajar bareng membuat batik tulis dengan SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Sejumlah 52 siswa itu belajar membuat batik tulis, mulai dari tahapan membuat desain, membatik tulis dengan canting, mewarna, sampai dengan memamerkan produknya.

Kegiatan yang diselenggarakan di halaman SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo ini membatik di kain berukuran 1,5 meter persegi untuk taplak meja. Desain dibuat beragam. Mulai dari desain bunga, daun, ranting, dan ikan bandeng.

”Saya membuat desain khas Gresik yaitu dua ikan bandeng berada di tengah-tengah kain,” ujar Reikiani Pasha Aufa Mahdi, siswa kelas VII. ”Paling sulit menorehkan canting saat membuat sisik bandeng yang jumlahnya banyak,” tambahnya sambil menunjukkan hasil karyanya.

Hal senada juga disampaikan Talitha Shahiza. Siswa yang baru pertama memegang canting ini pun mengatakan kesulitan saat belajar membatik. ”Harus hati-hati, teliti, dan menahan nafas sebentar,” ungkapnya. ”Semoga hasilnya bisa bagus.”

Tidak sekadar belajar membatik, dalam proses ini pun ada pembelajaran karakter. Ketelitian dan kesabaran menjadi kunci dalam belajar ini. ”Selain belajar kearifan lokal, membatik ini juga anak-anak belajar karakter,” papar Ustadzah Anis Shofatun MPd, Wakasek Kurikulum SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik. ”Ada karakter disiplin, teliti, dan sabar,” tambahnya.

Source https://pwmu.co https://pwmu.co/49819/01/17/murid-smpm-12-gkb-membuat-desain-batik-khas-gresik/
Comments
Loading...