infobatik.id

Motif yang Rumit Membuat Batik Lasem Diburu Kolektor

0 81

Motif yang Rumit Membuat Batik Lasem Diburu Kolektor

Batik Tulis Lasem yang berasal Kabupaten Rembang memang dikenal sebagai salah satu batik tulis yang memiliki tingkat kerumitan cukup tinggi. Tak heran kalau harga batik tulis Lasem seringkali diburu para kolektor dan kelas menengah ke atas.

Harga satu lembar batik Lasem bervariasi. Mulai dari harga yang hanya ratusan ribu rupiah, sampai jutaan rupiah. Tergantung bagaimana Motif Batik tersebut, dan jumlah warna yang digunakan. Paling murah berkisar Rp 100 ribuan. Sedangkan yang memiliki kerumitan tinggi mampu mencapai Rp 25 juta.

Meskipun unik, ciri khas Batik Tulis Lasem tidak sampai ditinggalkan dalam produksinya. Motif Latohan yang merupakan ciri khas Batik Tulis Lasem masih digunakan. Sedangkan garis pembatas menggunakan gaya Chinese yang menjadi identitas batik tulis Lasem.

Menurutnya makin garang ketika gambar burung dibubuhkan diantara coretan di dalam sebuah kain batik tulis Lasem tersebut menunjukkan atau menggambarkan sebuah alur cerita. Warna merah yang mendominasi makin memperkuat gaya khas batik tulis Lasem.

Kini banyak pelanggannya yang mulai tertarik dengan desain Batik Tulis Kontemporer. Beberapa kali ia melayani pesanan batik dengan desain lebih modern tanpa meninggalkan ciri khas Batik Tulis Lasem. Nur Rohman sendiri mengaku belum lama berkecimpung di dunia batik Lasem sekitar 4 tahunan. Niat menekuni batik tulis didasari keprihatinan batik Lasem mulai turun di pasaran dan keinginan untuk melestarikannya.

Desain Batik Tulis bertema yang ia cetuskan sendiri. Motif Batik Tulis Lasem yang identik dengan perpaduan Chinese dan Jawa, digabungkan dengan sebuah alur cerita sejarah Lasem tempo dulu. Beberapa karyanya menggambarkan sosok putri cantik, biasa dipanggil Putri Campa yang merupakan sosok keturunan Tionghoa, murid dari Sunan Bonang asal Lasem. Tak jarang juga ia membuat desain gambar batik deskripsi Lasem tempo dulu.

Source Motif yang Rumit Membuat Batik Lasem Diburu Kolektor Batik
Comments
Loading...