Motif Unik Batik Kebaya Tradisional

0 391

Motif Unik Batik Kebaya Tradisional

Banyak sekali wanita yang senang menggunakan kebaya, tetapi jarang yang memiliki pengetahuan akan motif-motif kebaya. Di negara Indonesia sendiri, ada ratusan bahkan ribuan motif kebaya. Dari yang terdaftar, maupun yang kontemporer atau tidak terdaftar. Tentunya setiap motif kebaya memiliki keunikan dan makna yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa motif unik batik kebaya tradisional yang sering ditemui :

Batik Parang Rusak

Jenis Batik Parang merupakan salah satu batik yang memiliki usia tertua di Indonesia. Batik Parang rusak biasanya berbentuk S, yang diambil dari gelombang ombak. Batik Parang Rusak didominasi oleh warna putih dan cokelat saja, sangat sederhana dan bisa dipadukan dengan berbagai warna. Batik ini memiliki arti yang sangat dalam, yakni untuk tidak menyerah seperti ombak laut yang kian bergerak. Batik Parang Rusak juga mengisahkan mengenai perjuangan yang tak jua usai, juga jalinan yang tak pernah putus untuk senantiasa memperbaiki diri.

 

Batik Kawung

Batik Kawung juga merupakan salah satu jenis batik kuno di Indonesia. Batik Kawung memiliki motif seperti repetisi bulatan bulatan yang diambil dari visual buah kelapa. Masih seputar warna putih dan cokelat, batik kawung cocok dipadukan dengan berbagai warna kebaya. Batik ini memiliki filosofi bahwa tekad dan usaha yang kuat akan membuahkan hasil yang berlipat ganda melebihi perjuangan.

 

Batik Madura

Batik Madura adalah salah satu jenis batik yang memiliki warna cerah dengan beragam motif. Biasanya, Batik Madura didominasi dengan warna cokelat, merah, dan hijau gelap. Sehingga perpaduannya pun biasanya juga seputar warna warna tersebut. Karena banyaknya corak dalam batik Madura, setiap warna memiliki makna yang berbeda. Yang jelas, batik madura memiliki arti religius tersendiri bagi masyarakatnya.

 

 

Batik Pekalongan

Batik Pekalongan juga memiliki banyak corak yang berbeda, bahkan hingga dibuatnya Museum Batik Pekalongan. Namun, pada umumnya batik klasik khas Pekalongan memiliki motif bunga. Dengan warna cokelat merah dan hijau yang terang. Motifnya pun kebanyakan memberikan satu pusat perhatian seperti gambar di atas. Filosofinya sendiri diambil dari alam dan lingkungan sekitar.

Source http://www.gebeet.com/ https://www.gebeet.com/contoh-batik-kebaya-wisuda-untuk-wanita-kurus-dan-gemuk.html
Comments
Loading...