Motif Teguh Bersatu Khas Kupang

0 232

Kreasi Batik Kupang

Batik sebagai karya adiluhung bangsa Indonesia mempunyai keindahan yang khas dan unik yang teknologi proses pembuatannya dan estetika motifnya telah diakui dunia.Kegiatan membatik yang ada di Kupang memberikan prospek ekonomi di bidang industri kreatif yang dapat menyerap tenaga kerja banyak, karena proses pembuatannya dilakukan dengan keterampilan tangan atau bersifat padat karya.

Selain kain tenun Kupang juga mempunyai kreasi-kreasi baru motif batik yang mempunyai ciri khas Kupang dengan pewarnaan indigosol dan naphtol. Selain Motif  Rukun Kupang ada juga motif baru yaitu Motif Teguh Bersatu.

Motif Teguh Bersatu

Motif batik ini menunjukkan kekuatan masyarakat Kupang karena rasa persatuan adat dan budaya, namun tetap terbuka pada kebaruan yang baik serta menghormati dan toleransi terhadap adat dan budaya yang berbeda. kekuatan dan kecintaan adat budaya Kupang tergambarkan dari penerapan motif tenun ikatnya, sedangkan sikap toleransi dan menerima kebaruan tercermin pada pewarnaan kain yang tidak lagi menggunakan warna tradisional.

Pembuatan prototipenya digunakan warna ungu, yang lagi tren. warna-warna lain mulai diterapkan pada kain batik, misalnya warna violet, hijau, merah muda, dan lain-lain. Penggunaan warna lain tersebut merupakan usaha kreasi baru atau diversifikasi produk, sehingga menghasilkan produk yang lebih banyak variasi warna maupun motifnya. Dengan diversifikasi akan menghasilkan beraneka ragam warna dan motif kain batik, sehingga dapat memenuhi selera konsumen secara lebih luas.

Source Motif Teguh Bersatu Kreasi Batik
Comments
Loading...