Motif Tanaman Menjadi Identitas Lokal Batik Grobogan

0 48

Motif Tanaman Menjadi Identitas Lokal Batik Grobogan

Batik yang berasal dari Kabupaten Grobogan memiliki motif yang jarang dipakai oleh daerah lain. Motif yang diangkat sangat unik. Tanaman merupakan salah satu motif yang diangkat oleh pengrajin batik grobogan. Motif Tanaman yang mewarnai corak batik dari kota dele ini seringkali menjadi pertanyaan tersendiri dibenak orang yang belum tahu seluk beluk kabupaten grobogan. Dalam hal ini dapat dilihat dari Peran Kabupaten Grobogan yang dikenal sebagai ladang pangan bagi masyarakat Jawa Tengah.

Banyak tanaman yang dapat tumbuh subur di daerah Grobogan. Motif Tanaman ini sangat unik untuk diangkat sebagai inovasi dari pengrajin. Motif yang sangat populer adalah “Pring Sedapur” yaitu Motif Rumpun Bambu. Selain menggambarkan Grobogan sebagai Lumbung pangan melalui Motif Tanaman, Batik Grobogan juga mengangkat corak batik yang menggambarkan tempat-tempat bersejarah yang berada di dalamnya seperti Motif Api Mrapen Abadi, Bledug Kuwu, Kedung Ombo dan lainnya.

Keunikan lainnya terdapat dari teknik dan bahan pilihan yang digunakan dalam proses produksi batik. Pengrajin batik disana biasanya membuat produksi batik tulis dalam membatik. Kain primisima dan pewarnaan dengan pencelupan remasol menjadi salah satu bahan pilihan pengrajin. Hasil yang baik dengan kualitas yang bagus tercermin dari ketelitian dan keuletan para pengrajin disana. Terdapat beberapa sentra batik diantaranya di Kecamatan Kradenan, Pulokulon, Geyer dan lainnya.

Source https://www.kompasiana.com/ https://www.kompasiana.com/fkhosiah/59d3b1650f64db79c1480982/motif-tanaman-menjadi-identitas-lokal-batik-grobogan
Comments
Loading...