Motif Surosowan Khas Banten

0 791

Banten memiliki batik yang berbagai macam ragam serta motif yang kaya akan filosofi dan mengandung cerita sejarah dari setiap motif batik yang diambil melalui toponim atau sebuah bahasa ilmiah nama tempat, asal- usul, penggunaan, arti dan tipologinya. Pada tahun 2003 batik Banten dipatenkan yang terdiri dari 12 motif. Hal tersebut dilakukan menunjukan orisinalitas karya serta warisan sebuah bangsa. Hak paten dari UNESCO adalah  batik pertama kalinya.

Masyarakat Banten sejak abad ke 17 telah mengenal tradisi membatik atau disebut dengan selimut batik atau simbut. Batik tersebut dikembangkan lagi pada tahun 2002 setelah masa kejayaan kerajaan Banten berakhir. Pengembangan kembali Batik tersebut melalui penelitian oleh para arkeolog dengan menciptakan berbagai ragam motif batik sebagai identitas Banten serta ditemukan sejumlah 75 motif dan 12 dipatenkan. Masing masing motif batik tersebut juga diberikan nama nama khusus yang diambil dari nama tempat, bangunan, maupun ruang dari situs Banten Lama dan juga dari nama gelar di masa Kesultanan Banten. Salah satu motif batik yang sudah dipatenkan adalah Motif Surosowan.

Motif Surosowan

Motif dasar tumpul bergerigi dengan hiasan bunga. Variasi motif berupa daun dan motif dasar pada booh berbentuk belah ketupat dan lingkaran polos.

Pada motif dasar berwarna kuning, variasi motif pada dasar kain berwarna biru dan pada booh berwarna kuning. Nama Surosowan diambil dari nama keraton kesultanan Banten, Keraton Surosowan yang berasal dari kata Suro (Pa) Sowan yang berarti tempat untuk menghadap.

Source Motif Surosowan Khas Banten Surosowan Batik Banten
Comments
Loading...