Motif Salur Samin Layak Jadi Brand Batik Blora

0 89

Motif Salur Samin Layak Jadi Brand Batik Blora

Ada beberapa motif batik yang ada di Kabupaten Blora, ternyata Motif Salur buatan komunitas Samin dan Serat Kayu paling banyak diminati oleh masyarakat dan pecinta batik Blora maupun yang berada di luar Blora. Batik Serat Kayu bermotif sama persis dengan serat kayu jati. Sementara Motif Batik Samin seperti tumbuhan yang merambat tanpa putus, yang terinspirasi dari tanaman-tanaman di sekitar perkampungan orang Samin. “Saat ini kedua motif tersebut banyak yang yang pesan, bahkan tidak hanya oran Blora sendiri,” kata salah seorang perajin yang juga trainer Batik Blora, Untung Tunggono.  Pernah ada pecinta batik dari luar Blora yang datang langsung ke pembuat Batik Motif Samin di Klopoduwur untuk meminta motif tersebut.

Namun oleh mereka keinginan itu ditolaknya. Ke depan kedua motif inilah yang perlu dipantenkan sebagai batik khas Blora asli. Kalau Motif Serat Kayu banyak perajin yang sudah bisa, tetapi untuk Motif Salur hanya masyarakat Samin dan beberapa perajin saja yang bisa membuatnya. Saat ini kemampuan membatik para perajin sudah bagus dengan kreativitas tersendiri.  Khusus Motif Salur Samin, memang masih perlu sentuhan dan pelatihan agar hasilnya bagus.

Pemerhati Batik Blora, Mochammad Djumali mengatakan bahwa, potensi batik di Blora cukup bagus, namun memang belum ada motif resmi yang menjadi brand Batik Blora. Dirinya sepakat Motif Salur Samin sebagai ciri khas Blora. Untuk itu Djumali menyarankan agar perajin batik yang ada di Blora membentuk asosiasi dulu kemudian mematenkan motif yang ada menjadi brand Batik Blora.

Source http://www.infoblora.com/ http://www.infoblora.com/2014/09/motif-salur-samin-layak-jadi-brand.html
Comments
Loading...