Motif Sabakingking Khas Banten

0 1.297

Banten merupakan provinsi pecahan dari provinsi Jawa Barat sejak tahun 2000. Banten memiliki salah satu kerajinan yang bersumber dari kearifan lokal yaitu berupa kain Batik Banten. Sebagian orang mungkin belum mengetahui jika di Banten terdapat batik. Sejarah Batik Banten, tak akan lepas dari peninggalan kerajaan Banten. Batik Banten mulai dikembangkan lagi pada tahun 2002, ketika seorang arkeolog menemukan peninggalan Kerajaan Banten yang kemudian diteliti. Arkeolog tersebut ingin memperkenalkan ragam hias yang di dapat selama penelitian arkeologi di situs Banten Lama. Hasil penelitian tersebut, ditemukan lebih kurang 75 ragam hias. Untuk lebih memperkenalkan ragam hias tersebut, dipilihlah media batik sebagai sarana yang paling mudah untuk masyarakat. Sampai sekarang ini, sudah lebih dari 50 ragam hias yang dituangkan dalam bentuk kain batik, bahkan 12 diantaranya telah dipatenkan di tahun 2003. Terdapat banyak motif batik Banten salah satunya Motif Sabakingking yang diambil namanya dari gelar raja.

Motif Sabakingking

Motif dasar berupa segi empat dengan tumpulan dan sisi-sisinya yang berbulu, diberi variasi 3 warna: motif dasar berwarna coklat, variasi warna motif pada daun bersegi empat berwarna biru dengan dasar kain berwarna krem dan booh (motif batik yang berjajar dan berukuran lebih kecil dari motif utama di sisi-sisi bawah, atas, samping kiri dan kanan kain batik) tumpal bergerigi warna coklat tua.

Motif yang mengambil nama gelar diantaranya Sabakingking (gelar dari Sultan Maulana Hasanudin), Kawangsan (nama gelar yang diberikan kepada Pangeran Wangsa dalam penyebaran agama Islam), Kapurban (nama gelar yang diberikan kepada pangeran Purba dalam penyebaran agama Islam), Mandalikan (berhubungan dengan Pangeran Mandalika).

Source Motif Sabakingking Sabakingking Batik Banten
Comments
Loading...