Motif Rukun Kupang NTT

0 373

Kreasi Batik Kupang

Batik sebagai karya seni dekoratif pada kain mempunyai beberapa keunggulan untuk dikembangkan di berbagai daerah yang belum mempunyai tradisi membatik, salah satunya adalah di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Pembuatan batik mempunyai prospek ekonomi sebagai industri kreatif yang dapat menyerap banyak tenaga kerja, karena proses pembuatannya dilakukan dengan keterampilan tangan atau bersifat padat karya. Pengembangan teknik batik dewasa ini gencar dikembangkan di berbagai daerah. Kerajinan pembuatan batik dilakukan sebagai diversifikasi produk industri kain tradisional tenun ikat.

Batik merupakan kain bermotif indah yang mempunyai fungsi sebagai bahan sandang dan bahan interior. Batik dibuat dengan menggunakan lilin batik (malam) sebgai bahan perintang  dalam proses pewarnaan. Kreasi Batik Kupang salah satunya Motif Rukun Kupang.

Motif Rukun Kupang

Motif ini merupakan kreasi batik baru yang meiliki ciri khas Kupang dengan pewarnaan indigosol dan naphtol. Motif Rukun Kupang mulai dikembangkan dari motif geometris dari tenun ikat Kupang. Konsep penciptaan motif ini adalah menggambarkan kebersamaan dan kegotong royongan menyatukan golongan masyarakat atas dengan masyarakat bawah yang saling menghormati, rukun, bekerja sama, terkait, menopang, membantu, menolong, dan berkontribusi dalam suatu sistem kemasyarakatan.

Motif batik menunjukkan kerukunan dari persatuan masyarakat Kupang dalam hidup bermasyarakat. Kerukunan dan persatuan akan membuat masyarakat Kupang kuat dan tangguh dalam bekerja keras menggapai kemuliaan hidup dan kejayaan kupang.

 

Source Motif Rukun Kupang Kreasi Batik Kupang
Comments
Loading...