Motif Pucuk Mekar Khas Kupang

0 152

Kreasi Batik Kupang

Batik merupakan warisan budaya nusantara (Indonesia) yang mempunyai nilai dan perpaduan seni yang tinggi, sarat dengan makna filosofis dan simbol penuh makna yang memperlihatkan cara berpikir masyarakat pembuatnya. Keterampilan membatik digunakan sebagai mata pencaharian dan pekerjaan ekslusif bagi perempuan-perempuan Jawa hingga sampai ditemukannya batik cap yang memungkinkan masuknya laki-laki dalam pekerjaan membatik ini. Bahkan batik tidak hanya di produksi di Jawa, tetapi juga di produksi di Luar Jawa. Pengembangan teknik batik dewasa ini gencar dikembangkan di berbagai daerah. Salah satunya yang mulai dirintis adalah di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Kupang juga mempunyai kreasi baru motif batik yang mempunyai ciri khas Kupang dengan pewarnaan indigosol dan naphtol. Motif Batik baru yaitu Motif Pucuk Mekar.

Motif Pucuk Mekar

Motif ini merupakan penggambaran tanaman yang mulai bersemi ketika musim hujan mulai datang. Motif ini menggambarkan kegembiraan dan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas anugerah turunnya air hujan. Daerah Kupang memang dikenal sebagai daerah kering di Indonesia, sebagaimana wilayah Nusa Tenggara Timur pada umumnya.

Hujan yang menyirami bumi dan menumbuhkan biji-biji, menyemaikan tunas, dan memekarkan pucuk-pucuk ranting merupakan anugerah yang luar biasa, sekaligus pemandangan yang sangat estetis bagi masyarakat Kupang. Penggambaran motif ini dilakukan dengan gaya dekoratif yang mengabstraksikan makna di atas.

Source Motif Pucuk Mekar Batik Kreasi Batik
Comments
Loading...