Motif Pintu Aceh

0 543

Aceh memiliki kerajinan batik yang motifnya terlihat unik dan khas karena menggunakan unsur alam dan budaya Aceh dalam paduan warnanya. Warna yang digunakan saat pewarnaan Batik Aceh lebih dominan pada warna-warna yang cerah seperti merah, hijau, kuning, merah muda, dan lain sebagainya. Keberanian memainkan warna itulah yang dapat memberikan kesan unik dan glamor. Jarang sekali penggunaan motif binatang pada Batik Aceh, hal tersebut dikarenakan larangan syariat Islam untuk menggambarkan makhluk bernyawa dalam pembuatan kain batik. Pengaruh Islam yang kuat pun tercermin pada bentuk sulur, melingkar, dan garis pada tiap motif. Salah satu motif yang dibuat adalah Motif Pintu Aceh.

Motif Pintu Aceh menunjukkan ukuran tinggi pintu yang rendah, menggambarkan kepribadian orang Aceh. Rumah adat Aceh memang berpintu rendah, namun di dalamnya memiliki ruangan yang lapang. Hal ini melambangkan kepribadian rakyat Aceh, yaitu rakyat Aceh memiliki tabiat dan adat istiadat tidak mudah terbuka dengan orang asing namun dapat menjadi sangat baik bahkan bagaikan saudara kandung bila sudah saling mengenal.

Masyarakat Aceh sering menggunakan motif tersebut sebagai busana formal ataupun non-formal. Sesuai dengan tradisi masyarakat Aceh, busana batik Aceh pun disesuaikan dengan hukum syariat yang diterapkan. Pada batik perempuan biasanya diwarnai dengan model panjang dan longgar. Batik-batik ini tidak hanya dijadikan busana, melainkan juga dibuat produk lainnya, seperti mukena, topi, tas, dompet, maupun aksesoris.

Source Motif Pintu Aceh Batik Aceh
Comments
Loading...