Motif Pejantren Khas Banten

0 617

Masyarakat Banten sudah memiliki tradisi membatik mulai abad ke-17, yang pada masa tersebut biasa disebut dengan istilah selimut batik atau simbut. Ketika masa kejayaan kerajaan Banten mulai berakhir, maka tradisi membatik mulai luntur dan mulai dikembangkan lagi pada tahun 2002 melalui penelitian oleh para arkeolog untuk menciptakan ragam motif batik yang menunjukkan identitas Banten.

Keunikan Batik Banten

Batik Banten mempunyai corak warna yang cenderung ceria dengan memanfaatkan kombinasi warna-warna pastel yang berkesan lembut. Hal tersebut untuk mepresentasikan karakter orang Banten yang ekspresif dengan hati yang lembut. Warna pastel yang ditimbulkan pada batik sebenarnya karena sudah terjadinya asimilasi dengan budaya china benteng. Sedangkan motif batik banten yang paling terkenal adalah motif batik paku debus dan motif surosowan.

Batik Banten memiliki ciri khas pada pola hias gerabah klasik dan keramik lokal klasik dari peninggalan Kerajaan Banten. Motif batik banten banyak bercerita mengenai sejarah banten juga mengandung filosofi yang diambil dari nama bangunan, tempat, gelar, juga nama ruang dari situs kerajaan Banten. Motif yang mengambil nama tempat adalah Motif Pejantren.

Motif Pejantren

Motif dasar berupa bunga cengkeh dalam lingkaran dengan variasi motif bunga-bunga setengah lingkaran dari motif dasar. Variasi warnanya yaitu warna dasar kain biru, merah dan pada booh berwarna merah tua.  Nama pejantren merupakan sebuah nama pemukiman di banten. Pemukiman ini banyak di huni oleh para penenun.

 

Source Motif Pejantren Pejantren Batik Banten
Comments
Loading...