Motif Pasulaman Khas Banten

0 672

Banten memiliki motif dan warna batik yang berbeda dengan batik yang ada di Solo dan Yogyakarta. Ciri khas batik Banten adalah memiliki warna yang lebih lembut. Ada pula unsur abu-abu pada batik tersebut. Warna abu-abu merupakan suatu warna yang hanya ada di Banten. Konon, hal ini di sebabkan karena warna air di Banten berbeda. Air itu menyebabkan warna kain yang dicelup menjadi lebih lembut, tidak sepekat warna batik-batik lainnya dan melambangkan kesederhanaan orang Banten.

Perbedaan dengan batik lain yaitu jika dilihat dari motif batiknya, pola dasar ragam hias berasal dari benda sejarah purbakala yang disebut Artefak Terwengkal hasil ekskavasi Arkeolog tahun 1976 di Banten, apapun warnanya batik banten cenderung warna abu-abu soff menunjukan karakter wong Banten. Ciri-ciri dari sifat warna abu-abu soff antara lain : Cita-citanya, idenya, kemauannya, dan tempramennya cenderung tinggi namun pembawaan selalu sederhana serta kalem dan cantik warna batiknya dan Filosofi (Artinya).

Nama Motif dan motif batik saling berkaitan dengan sejarah Banten. Nama motif berasal dari “Toponim desa-desa kuna, nama gelar bangsawan / sultan dan tata nama ruang di Kesultanan Banten”. Motif Pasulaman diambil dari nama tempat.

Motif Pasulaman

Motif dasar berupa belah ketupat lingkaran yang berada dalam lingkaran segi empat. Variasi motif berbentuk lingkaran segi empat, variasi garis berombak dan ilumunisasi bersulur-sulur daun pada pigura segi empat dan motif dasar booh berupa ranting. Motif dasar berwarna merah, pada pigura berwarna abu-abu dan pada booh berwarna hijau. Nama Pasulaman diambil dari nama pemukiman masyarakat Banten yang berprofesi sebagai penyulam.

Source Motif Pasulaman Khas Banten Motif Pasulaman Batik Banten
Comments
Loading...