Motif Pasepen Khas Banten

0 1.325

Motif Batik Banten

Motif Batik Banten adalah iluminasi dari ragam hias yang telah dikaji Pemerintah Propinsi Banten dalam rangka menemukan kembali ornament motif pada bangunan rumah adat di Banten, pengkajian berlangsung ditingkat Nasional bahkan motif Batik Banten dikaji pada tingkat Internasional.

Ragam hias tersebut telah menjadi keputusan Gubernur Banten Tahun 2003. Selain motif dan corak Batik Banten yang arsitektural pada ragam hias tersebut. Warna pada batik Banten pun berbeda dengan batik lainnya di Indonesia, warna pada Batik Banten cenderung abu-abu soft, menunjukan sifat dan karakter masyarakat Banten dengan berpenampilan yang selalu ingin sederhana.

Asal Usul Nama Motif Batik Banten

Nama motif Batik Banten diambil dari nama toponim desa-desa kuna, nama gelar bangsawan / sultan dan nama tataruang istana kerajaan Banten. Pada coraknya pun identik dengan cerita sejarah yang mengandung filosofi (penuh arti) pada motifnya dengan bermakna intelektual bagi pemakai bahan dan busana Batik Banten.

Motif yang diambil dari benda-benda temuan arkeolog di Banten Lama, seperti gerabah atau ornamen bangunan keraton. Nama-namanya pun diambil dari nama tempat di Banten Kuna atau gelar kebangsawanan. Salah satunya adalah Motif Pasepen.

Motif Pasepen

Motif dasar persegi empat berbentuk bunga dan lingkaran polos berjajar empat buah. Motif dasar booh berupa tumpal. Variasi warna pada motif dasar berwarna kuning muda, pada dasar kain berwarna abu-abu, dan booh berwarna biru. Motif Pasepen adalah nama tempat tata ruang istana tempat Sultan Maulana Hasanuddin melakukan meditasi di Kesultanan Banten.

Source Motif Pasepen Khas Banten Motif Pasepen Batik Banten
Comments
Loading...