Motif Pancaniti Khas Banten

0 1.038

Banten memiliki batik dengan identitas kain yang dapat bercerita dan memiliki khas tersendiri. Berasal dari hasil ragam hias Banten yang ditransformasikan ke dalam media kain, batik Banten mempunyai harapan bahwa batik harus menjadi identitas di Provinsi Banten dan di Indonesia pada umumnya, sehingga dapat dikenal di mancanegara serta menjadi pedoman para pemuda dan pengusahan, para ukm agar tumbuh berkembang serta menciptakan lapangan kerja baru. Dalam proses pembuatan batik Banten tidak ada perbedaan dengan pembuatan batik-batik yang berada di Jawa. Batik Banten muncul sebagai salah satu batik yang mempunyai ciri khas dan keunikan yang berbeda dari batik lain yang selama ini dikenal.

Pelestarian batik Banten yang dilakukan oleh berbagai tokoh masyarakat menjadikan inspirasi semua pihak untuk ikut dalam pelestariannya. Partisipasi dalam pelestarian ini merupakan kewajiban mutlak. Adapun hal-hal yang dapat dilakukan masyarakat untuk turut andil dalam pelestarian batik banten diantaranya: mempelajari sejarah batik Banten, membeli produk batik Banten, menggunakan berbagai produk yang bermotifkan batik Banten dalam kehidupan sehari-hari, mengenalkan anak sedini mungkin tentang batik Banten, dan turut mempromosikan batik Banten. Motif Pancaniti termasuk kedalam motif batik Banten yang sudah dipatenkan oleh UNESCO.

Motif Pancaniti

Motif dasar belah ketupat berbentuk bunga dan lingkaran polos yang berada di tengah-tengah bunga matahari. Variasi motif bunga matahari dalam lingkaran berbentuk segi delapan, berornamen daun dan sulur-sulur daun,sedangkan motif dasar booh berbentuk ranting.

Variasi warna pada motif dasar berwarna biru, pada variasi motif bunga matahari berwarna abu-abu dan biru, ornamen daun berwarna merah dan pada sulur-sulur daun berwarna biru. Nama Pancaniti diambil dari nama tata ruang keraton dalam lingkungan istana tempat raja menyaksikan pelatihan para prajurit.

Source Motif Pancaniti Khas Banten Pancaniti Batik Banten
Comments
Loading...