Motif Pace Akan Dipatenkan Batik Khas Pacitan

0 591

Motif Pace Akan Dipatenkan Batik Khas Pacitan

Buah Pace atau Mengkudu menginspirasi masyarakat Pacitan untuk membuat  Motif Batik Pacitan karena memiliki keterkaitan sejarah dengan cikal bakal kota berjuluk Seribu Satu Goa ini. Untuk mempertahankan kekhasan tersebut, Pemerintah Kabupaten Pacitan akan segera mendaftarkan Motif Pace untuk dipatenkan. Pernyataan itu disampaikan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Pacitan Luki Indartato. Istri Bupati Pacitan Indartato itu menegaskan, usulan untuk mematenkan motif pace sebagai motif batik khas Pacitan itu, paling lambat awal tahun depan.

Upaya mematenkan Motif Buah Pace ini tidak hanya sebagai langkah memproteksi kekayaan budaya daerah, tetapi juga dapat menjadi bekal optimalisasi pengembangan kerajinan batik itu sendiri. Apalagi jika melihat bagaimana kerajinan Batik Pacitan semakin bergeliat. Beberapa perajin lokal mulai bermunculan. Dan yang lebih menggembirakan proses regenerasi pembatik sudah berjalan. Khususnya di kalangan pelajar.

Rencananya pengembangan batik menggandeng pihak-pihak lain di luar instansi berwenang. Misalnya dengan rumah pintar (Rumpin) yang didirikan Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu. Sementara itu Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Dinkopindag) Pacitan Hery Purwanto mengataka upaya regenarasi bakal diintensifkan, dengan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan (Dindik) untuk memasukkan batik dalam pelajaran kerajinan atau muatan lokal. Saat ini jumlah perajin Batik Pacitan mencapai 300 orang. Usahanya mulai dari kecil, menengah, dan besar. Sentra pembuatannya di wilayah Kecamatan Ngadirojo dan Pacitan.

Source http://kominfo.jatimprov.go.id/ http://kominfo.jatimprov.go.id/read/umum/29242
Comments
Loading...