Motif Naga Dalam Batik Mega Mendung di Toko EB Batik

0 90

Motif Naga Dalam Batik Mega Mendung di Toko EB Batik

Motif Naga merupakan motif Mega Mendung klasik yang dikombinasikan dengan naga. Gradasi pada Mega Mendung terdiri dari warna biru tua sampai biru muda dan latar kain berwana merah ati. Bentuk Mega Mendung berupa motif klasik yaitu awan yang bergumpal yang mendominasi bagian kain, bentuknya tidak mengalami perubahan namun diberi kombinasi Motif Naga.

Naga yang menjadi kombinasi pada Mega Mendung, diberi warna senada dengan gradasi pada motif Mega Mendung yaitu biru muda dan biru tua. Kombinasi menggunakan naga merupakan bentuk budaya Cina yang diadopsi oleh budaya Cirebon. Pada budaya Cina, naga merupakan lambang kekuatan. Motif Mega Mendung klasik seperti terdapat ornamen utama berupa Motif Mega Mendung, ornamen pelengkap berupa naga, menggunakan isen-isen ceceg, isen-isen sawut, dan isen-isen gringsing yang menjadi hiasan dalam ornamen naga.

Proses pembuatanya dikerjakan oleh perajin dari Trusmi, menggunakan teknik batik tulis dan menggunakan bahan katun. Proses pembuatan motif Mega Mendung kombinasi dengan naga merupakan motif yang sulit dalam pengerjaannya, karena motif Mega Mendung kombinasi dengan naga ini memerlukan posisi yang simetris.

Source http://eprints.uny.ac.id/27625/1/Prasetyaningtyas%2C%2007207241013.pdfhttp://eprints.uny.ac.id/27625/1/Prasetyaningtyas%2C%2007207241013.pdf
Comments
Loading...