Motif-motif Yang Terdapat Dalam Batik Motif Kumpeni

0 19

Motif-motif Yang Terdapat Dalam Batik Motif Kumpeni Cirebon

Perkembangan batik Motif Kumpeni saat ini tergolong unik, jika dulu motif kumpeni lebih menggambarkan kehidupan pada masa-masa pendudukan Belanda. Maka sekarang motif Kumpeni lebih berkembang lagi dengan design motif mengikuti perkembangan jaman. Saat ini batik kumpeni motifnya tidak hanya menceritakan kehidupan masa pendudukan Belanda, tapi disesuaikan dengan cerita kehidupan masa kini. Tetapi penamaannya tetap batik Kumpeni. Jadi bagi masyarakat pecinta batik yang menyukai Batik Motif Kumpeni ada dua pilihan, bisa memilih batik kumpeni dengan motif asli tempo dulu yang menggambarkan kehidupan masa penjajahan Belanda atau batik kumpeni yang bermotif kehidupan masa kini.

Bentuk motif adalah motif non-geometris, terlihat dari motif manusia (pria, wanita berpakaian petani atau nelayan, peternak, tentara VOC bersenapan laras panjang), pohon, gerobak, meriam, bendera, kerbau, kambing dan lain-lain. Motif-motif disusun secara horizontal, seperti relief pada candi. Penyusunan motif Kumpeni ini bergayakan penyusunan motif batik Cina, secara perspektif susunan motif bagian atas adalah objek yang paling jauh, dan susunan motif paling bawah adalah objek yang paling dekat atau disebut juga pola perspektif gunung.

Motif-motif yang hadir pada Batik Kumpeni adalah sebagai berikut:

  • Motif Penduduk Motif Penduduk divisualisasikan sebagai petani, karena masyarakat yang di stilasikan pada motif batik Kumpeni menggunakan artribut caping.
  • Motif Flora Bentuk dari hiasan objek flora yang distilasi merupakan penggambaran dari alam sekitar, walaupun penggambaran motif flora tidak dominan pada batik Kumpeni, motif flora yang tervisualisasikan cukup memberikan penggambaran kondisi alam yang subur.
  • Motif Hasil Panen Petani motif hasil panen ataupun motif membawa hasil panen, merupakan simbolisasi dari hasil alam yang berlimpah.
  • Motif Perlengkapan Tentara Belanda motif perlengkapan yang tervisualisasikan pada batik Kumpeni seperti mobil merupakan kendaraan yang digunakan mereka. Demikian pula bendera, dan gentong, kedua benda ini kerap digunakan dalam keadaan perang.
  • Motif Kegiatan Tentara Belanda motif ini juga merupakan simbolisasi dari kegiatan keseharian dari kekuasaan penjajah Belanda. Stilasi motif ini pun dilengkapi dengan artribut mereka pada saat menjalankan tugas menjajah penduduk setempat.
  • Motif Kegiatan Penduduk Bentuk dari hiasan merupakan stilasi masyarakat pada zaman VOC. Motif ini merupakan simbolisasi dari kegiatan keseharian dari masyarakat Cirebon pada era motif ini diciptakan, yaitu bertani. Stilasi motif ini pun dilengkapi dengan artribut mereka pada saat bekerja, yaitu cangkul gerobak, panggul, dan lain sebagainya.
Source file:///C:/Users/User/Downloads/467-2396-1-PB.pdf
Comments
Loading...