infobatik.id

Motif-motif Batik Inovatif dari Rumah Kreatif Balikpapan

0 29

Motif-motif batik tidak melulu terinspirasi dari bentuk-bentuk alam, tetapi juga bisa dibuat dari motif hasil kreasi. Seperti yang dilakukan oleh Rumah Kreatif Balikpapan di Kalimantan Timur yang telah enam tahun lebih membuat karya batik inovatif yang telah menarik minat pelanggan dari mancanegara.  Rumah Kreatif Balikpapan merupakan salah satu komunitas kreatif yang produktif berkreasi produk batik. Batik-batik yang dihasilkan pun bukan batik biasa, namun berupa batik khas Balikpapan dan motifnya sangat beragam. Tidak hanya bermotif alam, tetapi juga bermotif fotografis seperti panorama pertambangan ataupun lainnya.

Motif batik yang dibuat hiasan dinding oleh RKB

Rumah kreatif yang telah ada sejak 2010 ini sejatinya berawal dari program Chevron, sebuah perusahaan pertambangan yang beroperasi di Balikpapan. Pada saat itu Chevron ingin memberdayakan para tunadaksa yang telah mendapatkan bantuan kaki palsu untuk bisa lebih produktif. Batik kemudian menjadi pilihan. Namun batik yang dibuat RKB bukanlah batik biasa. Melainkan batik natural yang pewarnaannya tidak menggunakan pewarna tekstil ataupun bahan kimia. Sehingga batik yang dihasilkan lebih ramah lingkungan dan menjadi ciri khas RKB.

Motif kilang yang juga dibuat oleh RKB

Produk-produk RKB nyatanya banyak diminati kalangan menengah atas sebab selain motifnya tidak biasa, pewarnaan alami juga membutuhkan biaya produksi yang cukup tinggi. Beberapa yang diminati alah kain souvenir bermotif yang kerap dijadikan hiasan dinding. Peminatnya bisa sampai ke Jepang dan Amerika Serikat.

Source https://www.goodnewsfromindonesia.id/2017/10/02/motif-motif-batik-inovatif-dari-rumah-kreatif-balikpapan www.goodnewsfromindonesia.id
Comments
Loading...