Motif Lembuswana Andalan Batik Kutai

0 404

Motif Lembuswana Andalan Batik Kutai

Yuni Fitriani, yang membuat inovasi batik bermotif kearifan lokal Kukar yang dinamakannya dengan Batik Kutai Ampik Gerecek. Berawal dari kecintaannya pada ragam jenis kain yang memiliki keindahan motif dan warna, Yuni berupaya menuangkan ragam hias dan warna yang menjadi ciri khas masyarak Kutai pada media kain. Dikatakanya dalam  upaya awal itu tentunya masih jauh dari kesempurnaan, namun niatan dirinya untuk melestarikan dan mengangkat kembali ragam hias dan warna yang menjadi ciri khas  Kutai dapat menjadi langkah awal yang bisa membanggakan Kukar.

Dari sekian ragam Motif Batik buatannya, yang menjadi andalan Yuni adalah Motif Lembuswana dan Motif Pesut Semayang. Perlu diketahui, Lembuswana merupakan salah satu ikon atau lambang Kerajaan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

Warna kuning ke emasan Lembuswana tersebut dilukiskan diatas kain katun berwarna dasar hitam, di sekeliling gambar Lembuswana itu dihiasi gambar motif daun yang melambangkan hutan Kalimantan menjadikan batik tersebut lebih indah.

Sedangkan pada Motif Pesut Semayang, aneka warnanya lebih beragam. Pesut yang hanya ada di sungai Mahakam yang terhubung dengan danau Semayang Kecamatan Kota Bangun dilukiskan dengan warna merah cerah. Pesut dalam Batik Gerecek itu digambarkan dua ekor yang sedang bermain di Danau Semayang, sehingga menimbulkan buih-buih yang dilukis beraneka warna.

Source Motif Lembuswana Andalan Batik Kutai Batik
Comments
Loading...