infobatik.id

Motif Kupu-kupu Dalam Batik Mega Mendung di Toko Hafiyan Batik

0 9

Motif Kupu-kupu Dalam Batik Mega Mendung di Toko Hafiyan Batik

Motif Kupu-kupu merupakan perkembangan dari motif Mega Mendung klasik yang dimiliki oleh toko Hafiyan Batik. Bentuk Mega Mendung didesain secara terpisah-pisah dengan menggunakan gradasi hijau yang mencolok dengan warna latar kain hitam, sehingga menghasilkan Motif Mega Mendung yang minimalis. Bentuk Mega Mendung tidak mendominasi pada bagian kain dengan kombinasi kupu-kupu yang disusun secara tersebar.

Kombinasi dengan kupu-kupu ini diberi warna senada dengan warna motifnya yaitu hija u, antara warna kupu-kupu yang satu dengan yang lainnya dibuat berbeda. Kupu-kupu ini juga akan mengingatkan kita pada keindahan dan kupu-kupu juga mengandung simbol sebagai kesejahteraan atau kemakmuran.

Pada batik Cirebon motif kupu-kupu juga banyak digunakan. Motif Mega Mendung kombinasi seperti pada gambar di atas terdapat ornamen utama yaitu Motif Mega Mendung, ornamen pelengkap berupa kupu-kupu, terdapat isen-isen ceceg tiga dan isen-isen sawut yang menjadi hiasan dalam ornamen kupu-kupu. Proses pembuatan Mega Mendung kombinasi kupu-kupu menggunakan teknik batik tulis dan menggunakan bahan katun.

Source http://eprints.uny.ac.id/27625/1/Prasetyaningtyas%2C%2007207241013.pdf
Comments
Loading...