Motif Kuda Sepasang Khas Kupang

0 166

Batik Kupang

Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang sangat dibanggakan oleh sebagian besar warga Indonesia dan cukup banyak diminati oleh wisatawan mancanegara. Selain dikenal sebagai daerah penghasil kain tenun ikat, propinsi Nusa Tenggara Timur rupanya juga mengembangkan kerajinan batik yang memiliki keunikan tersendiri. Beberapa motif kain batik yang dijual di kota Kupang memiliki banyak kemiripan dengan kain tenun ikat namun harganya jauh lebih murah. Mulanya kain batik yang dibuat dengan mengadaptasi motif kain dari daerah timor hanya terbatas pada daerah Timor Tengah Selatan dan Timor Tengah Utara. Selain terkenal tenun ikat Kupang juga mempunyai kreasi batik baru yaitu Motif Kuda Sepasang.

Motif Kuda Sepasang

Motif ini merupakan motif kreasi baru untuk kain batik khas Kupang dengan mengambil inspirasi penciptaan motif kuda. Untuk memantapkan makna juga dilakukan pengamatan fungsi kuda dalam kehidupan sehari-hari masyarakat adat Kupang. Kuda tidak sekedar hewan peliharaan tetapi kuda seakan menjadi teman untuk meringankan aktivitas keseharian. Bagi masyarakat Kupang memiliki kuda yang kuat merupakan kebanggaan.
Motif kuda melambangkan kebanggaan, kekuatan dan keberanian. Kuda sepasang melambangkan kebersamaan dalam kehidupan berumah tangga. Makna yang ingin dipresentasikan dari motif ini adalah saling mencintai untuk bersama-sama sekuat tenaga membina rumah tangga yang bahagia, saling asah asih dan asuh antara suami dan istri.
Source Motif Kuda Sepasang Batik Kreasi Batik Kupang
Comments
Loading...