Motif Kuda Kupang

0 273

Kreasi Batik Kupang

Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa). Yang merupakan warisan nenek moyang bangsa Indonesia sejak dahulu kala. Tradisi membatik pada mulanya merupakan tradisi turun menurun, sehingga kadang kala suatu motif dapat dikenali berasal dari batik keluarga tertentu. Beberapa motif batik dapat menunjukkan status seseorang.

Pengembangan teknik batik dewasa ini gencar dikembangkan di berbagai daerah. Salah satunya yang mulai dirintis adalah di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Kreasi batik Kupang dikembangkan dan membuat kreasi baru yaitu Motif Kuda Kupang.

Motif Kuda Kupang

Motif ini memiliki kemiripan tematik dengan sebelumnya yaitu “Motif Kuda Sepasang”, yaitu sama-sama mengambil inspirasi penciptaan motif kuda. Namun motif kudanya dalam ukuran yang lebih kecil, serta ada penambahan motif hewan peliharaan yang lain. Hewan peliharaan melambangkan kekayaan, seperti istilah “rajakaya” di Jawa. Kuda merupakan hewan peliharaan yang sangat membantu meringankan aktivitas keseharian, untuk tunggangan perjalanan, mengangkut hasil ladang, kegiatan upacara adat, dan lain sebagainya. Kuda melambangkan kebanggaan, kekuatan dan keberanian.

Motif kuda dalam ukuran kecil dan dalam alur geometris melambangkan ritme kehidupan masyarakat Kupang dalam alam raya. Makna yang ingin dipresentasikan dari motif ini adalah kebersamaan masyarakat Kupang untuk melestarikan budaya yang membanggakan dengan memanfaatkannya untuk kemakmuran masyarakat dan kejayaan Kupang.

Source Motif Kuda Kupang Batikku Kreasi Batik
Comments
Loading...