Motif Kuda dan Ikan Dewa Batik Khas Kuningan

0 676
Motif Kuda dan Ikan Dewa

Batik Kuningan Motif Kuda “Si Windu” dan Ikan Dewa merupakan ikan khas Cigugur Kab.Kuningan, searang ini sudah disepakati sebagai motif batik khas daerah Kuningan sehingga bisa dikembangkan dan dijadikan pakaian resmi bagi kalangan PNS maupun pegawai swasta bahkan para siswa sekolah yang ada di Kab.Kuningan.

Kesepakatan itu terungkap ketika Dewan Kerajian Nasional Daerah (Dekranasda) Kab.Kuningan, menggelar lomba desain motif batik yang bakal dijadikan motif batik ciri khas Kab.Kuningan, yang digelar di Sanggar Riang Kuningan. Lomba tersebut, dimeriahkan pula dengan kegiatan pameran batik, pameran hasil karya peserta, fashion show busana batik, dan belajar membatik bagi umum termasuk untuk siswa Sekolah Dasar.

Ketua Yayasan Batik Jawa Barat Ny. Sendi Dede Yusuf yang hadir pada acara tersebut mengatakan bahwa Jawa Barat akan terus mengembangkan industri batik di tingkat nasional sehingga seluruh kabupaten dan kota yang ada di Jawa Barat diharapkan memiliki motif batik khas daerahnya masing-masing. Beliau juga mengatakan bahwa sudah 25 kota/kabupaten, 20 diantaranya sudah memiliki motif batik khas daerah masing-masing.

Tumbuh kembangnya industri batik, diharapkan akan mampu membuka lapangan kerja disamping tetap menghargai dan mencintai hasil budaya sendiri. Untuk dapat mengembangkan hal ini, tentu sangat diperlukan peran pemerintah baik pusat maupun daerah terutama dalam penyediaan bahan baku yang mudah dan murah serta adanya peraturan seperti di wajibkannya baju seragam batik untuk pegawai negeri maupun swasta bahkan anak sekolah.

Ny. Sendi mengatakan bahwa sejumlah pengusaha batik nasional saat ini sedang mengeluh terutama terbatas dan mahalnya bahan baku. Untuk tinta batik, masih mendatangkan dari China begitu pula untuk kain sutra saat ini di tanah air sudah sangat terbatas, artinya peternak ulat sutra sudah mulai jarang. ”Ini perlu penanganan pemerintah pusat sehingga pengusaha batik kembali bergairah,” paparnya.

Source Motif Kuda dan Ikan Dewa Batik Khas Kuningan Batik Kuningan
Comments
Loading...