Motif khas Batik Sragen

0 654

Motif khas Batik Sragen

Pada awalnya gaya Batik Sragen memang identik dengan gaya dari Batik solo. Dari semula identik dengan gaya Solo, gaya Batik Sragen sekarang sudah mulai menemukan ciri khas sendiri, untuk sekarang ini batik khas Sragen umumnya menerapkan kombinasi Motif Baku Semisal Parang, Sidoluhur, Sidomukti, Kawung, Sekarjagad, Babon Angrem, Srikaton, Wahyu Tumurun dan lain sebagainya dipadukan dengan corak flora dan fauna.

Akhir-akhir ini beberapa perajin mulai mencoba menciptakan motif baru yang isinya merekam aktivitas keseharian masyarakat. Guratan Motif Batik Sragen ini cenderung makna secara tegas. Selain itu warna-warna batik Sragen juga lebih bervariatif. Tidak cuma warna gelap sogan, tapi juga warna-warna cerah seperti hijau, merah, pink, biru, ungu.

Batik Sragen juga dikenal dengan batik gaya lawasan. Maksudnya membuat batik menjadi seolah-olah berumur puluhan tahun atau ratusan tahun, terkesan kuno dan antik. Ini mirip teknik retro di bidang mebel, memproduksi barang dari bahan baku yang berumur muda dibuat dan difinishing sedemikian rupa hingga seolah-olah antik.

Source http://makalahpendidikanseni.blogspot.co.id/ http://makalahpendidikanseni.blogspot.co.id/2015/01/artikel-batik-sragen-jawa-tengah.html
Comments
Loading...