Motif Khas Batik Nganjuk Menjadi Tren

0 422

Motif Khas Batik Nganjuk Menjadi Tren

Kabupaten Nganjuk memiliki kerajinan tekstil yang memiliki ciri khas tersendiri, yaitu kain Batik Nganjuk. Batik merupakan salah satu pesona asli karya Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO sebagai made in Indonesia yang telah universal. Sejarah bermulanya kegiatan membatik di daerah ini belum pasti tahun berapa. Batik motif ini cocok digunakan untuk semua acara baik formal maupun non formal.

Motif Batik Nganjuk juga menjadi tren untuk seragam sekolah. Banyak instansi pendidikan yang mengharuskan murid-muridnya untuk mengenakan baju Batik Nganjuk. Sekolah swasta di kawasan Patianrowo, Nganjuk, Jawa Timur, adalah salah satu sekolah yang menerapkan aturan wajib memakai baju batik kepada murid-muridnya. Setidaknya dua kali dalam sepekan, bermacam corak dan warna-warni Motif Batik Nganjuk dikenakan siswa mulai dari taman kanak-kanak hingga sekolah menengah atas. Motif Batik Nganjuk memiliki ciri khas tersendiri begitupun juga dengan motif batik yang lain. Ciri khas batik nganjuk sangat terkenal dengan warna yang tegas yaitu warna merah, warna biru, warna kuning dan hijau.

Karyawan di sejumlah perusahaan di wilayah Jawa Tengah, Jawa Barat khususnya di Jawa Timur bahkan seluruh wilayah Indonesia, bebas menggunakan pakaian batik dengan motif sesuai dengan selera masing-masing. Bagi sebagian pekerja kantoran, hari Jumat menjadi hari wajib berpakaian batik. Tanpa diminta pun banyak karyawan baik laki-laki maupun perempuan sukarela mengenakan pakaian batik ke kantor.

Source Motif Khas Batik Nganjuk Menjadi Tren Batik
Comments
Loading...