Motif Kerawang Gayo Lues

0 775

Makna Warna dan Motif Kerawang Gayo Lues

Motif pola hias Kerawang Gayo berasal dari  Kabupaten Gayo Lues. Saat ini menjadi salah satu ukiran yang paling diminati oleh masyarakat lokal bahkan luar daerah Gayo Lues. Motif yang terdapat di Kerawang Gayo Lues kerap di desain menjadi pakaian yang sedang ngetren saat ini, khususnya pakaian wanita baik anak-anak, remaja dan dewasa.

Dalam permasalahan yang timbul, meskipun kerawang Gayo Lues banyak dipakai oleh masyarakat banyak, masih yang belum mengetahui asal dari kerawang itu sendiri, begitu juga dengan keterangan warna dan motifnya.

Yang membedakan baju adat satu daerah dengan daerah lain adalah warna dan motif yang terdapat pada baju adat. Motif-motif yg terdapat paju adat Gayo Lues adalah: mata itik, pucuk rebung, sesirung, leladu, mun berangkat, tulen iken, puter tali, bunge kipes, gegaping, panah dan motif selalu. Untuk warna dasar kerawang Gayo Lues memakai kain warna item (hitam, Gayo: Red) sedangkan untuk motifnya menggunakan campuran warna ilang (merah), putih (putih), ijo (hijau) dan using (kuning).

Berikut keterangan atau makna dari warna-warna yang digunakan dalam motif kerawang Gayo Lues:

1. Hitam: merupakan hasil keputusan adat.
2. Merah: sebagai tanda berani (mersik) bertindak dalam kebenaran.
3. Putih: sebagai tanda suci dalam tindakan lahir dan batin.
4. Hijau: sebagai tanda kejayaan dan kerajinan (lisik) didalam kehidupan sehari-hari.
5. Kuning: sebagai tanda hati-hati (urik) dalam bertindak.

Berdasarkan keterangan dari warna-warna kerawang. Masyarakat Gayo Lues dilambangkan sebagai masyarakat yang Mersik (berani), Lisik (rajin) dan Urik (teliti).

Source Motif Kerawang Gayo Lues Batik
Comments
Loading...