Motif Kawangsan Khas Banten

0 1.230

Banten merupakan provinsi yang berlokasi di ujung barat Pulau Jawa juga memiliki batik sebagai warisan budaya. Dahulu, kawasan ini berdiri Kesultanan Banten yang megah tetapi tetap bersahaja. Kedekatan antara kesultanan dengan masyarakat membuat bagian di dalam masa pemerintahannya diabadikan sebagai ragam hias batik.

Keunikan motif batik Banten terdapat pada motif, warna, dan filosofinya. Penjelasannya kurang lebih adalah sebagai berikut:

  1. Motif : berdasarkan cagar budaya dan benda purbakala berupa bangunan bersejarah atau artefak hasil ekskavasi,
  2. Warna : umumnya menggunakan warna-warna lembut sebagai perlambang karakter orang Banten yang memiliki kemauan tinggi tetapi tetap sederhana,
  3. Filosofi: nama, motif, dan makna batik Banten saling berkaitan. Nama-nama tersebut berasal dari nama gelar bangsawan, ruang, maupun desa di kawasan Kesultanan Banten

Batik Banten menjadi batik pertama yang punya hak paten di UNESCO. Kini, batik Banten telah berkembang di mancanegara. Provinsi Banten memiliki sekiranya 75 jenis motif batik. Seperti halnya batik-batik di daerah lain, motif batik Banten juga menggambarkan ciri khas, adat istiadat, sejarah dan kearifan yang ada pada provinsi Banten. Salah satu motif batik banten adalah Motif Kawangsan.

Motif Kawangsan

Motif dasar berupa bunga bergerigi, variasi motif berbentuk daun dan buah dengan motif dasar berupa belah ketupat dan lingkaran polos. Warna yang digunakan pada motif ini antara lain warna biru pada motif dasar, warna coklat pada motif daun dan coklat muda pada booh. Nama Kawangsan diambil dari nama gelar pangeran Banten, yaitu Pangeran Wangsa.

Source Motif Kawangsan Khas Banten Motif Kawangsan Batik Banten
Comments
Loading...