Batik Indramayu Motif Jahe Serempang Kandang

0 284

Motif Jahe Serempang Kandang

Ragam motif batik Indramayu merupakan ciri khas batik pesisiran. Indramayu sebagai kota pelabuhan yang memperdagangkan barang-barang dagangan seperti keramik dan sutera Cina, berperan mengenalkan kepada masyarakat Indramayu akan keindahan ragam hias Cina. Bermukimnya masyarakat Cina di Indramayu menciptakan interaksi sosial budaya yang harmonis dengan penduduk lokal, dapat dilihat dari perpaduan dalam ragam hias batik lokal dengan budaya Cina.
Kain batik Indramayu yang dasarnya tidak memiliki tradisi pencantuman nama atau tanda tangan si pengrajin atau pengusaha, lain halnya dengan kain-kain batik Pekalongan seperti batik Belanda dan Cina yang nama perancangnya dicantumkan, misalnya batik Van Zulyen dan lain sebagainya. Dengan tidak adanya pencantuman nama tersebut, pencarian secara akurat siapa pembuat atau pemilik kain batik tersebut menemui kesulitan. Maka daeran pecinan yang menjadi tempat tinggal turun temurun masyarakat Cina di Indramayu menjadi salah satu sumber data sejarah perkembangan batik pengaruh Cina di Indramayu. Salah satu motif batik Indramayu adalah Motif Jahe Serempang Kandang.

Motif Jahe Serempang Kandang

Terinspirasi dari tanaman jahe yang biasanya hidup bergerombol dalam setiap gerombol (kluster) terdapat gerombol umbi yang merupakan buahnya. Buahnya banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar minuman penghangat dan menyegarkan. Menurut orang-orang dahulu maknanya jika hidup berkeluarga sebagaiknya bergerombol dan menjalin kebersamaan yang hangat antar sesama. Jahe Serempang Kandang berarti jahe yang bergerombol tetapi belum berkembang atau belum tumbuh besar.
Source Batik Indramayu Motif Jahe Serempang Kandang Batik Motif
Comments
Loading...