Motif Glugu Seni Boyolali

0 215

Motif Glugu Seni Boyolali

Kerajinan Batik Glugu sekarang telah berhasil menambah kekayaan Motif Batik di Kabupaten Boyolali dengan ciri khasnya yang unik. Bahkan, masyarakat luas dapat menerima kemunculan Batik Glugu sebagai motif baru dalam tradisi seni kerajinan batik. Sejumlah instansi pemerintah dan perusahaan swasta serta perorangan telah menggunakan batik glugu sebagai seragam batik resmi.

Tidak hanya di lingkungan Pemkab Boyolali saja, tetapi juga intansi lain seperti untuk seragam batik Jateng Visit Year yang dikenakan PNS di propinsi Jateng. Bahkan batik motif serat glugu ini telah menjangkau  instansi pemerintah dan swasta di Jakarta, Kalimantan, Jawa Barat dan Jawa Timur.

Batik Glugu diprakarsai kemunculannya oleh Muhammad Amin salah satu warga Dukuh Godeg Desa Ngenden Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali. Setelah muncul di pasaran, kini bahkan telah dibuatkan hak paten atas namanya. Ide kreatifnya sebagai pencipta batik glugu muncul saat dirinya menekuni perdagangan kayu glugu tahun 2009 lalu.

“Motif Serat Glugu ternyata sangat unik, tiap kayu glugu memiliki motif yang selalu berbeda dengan glugu lainnya. Jadi motif serat glugu ini jika dijadikan motif batik jumlahnya akan mencapai jutaan motif,” kata Muhammad Amin. Sampai saat ini dari galeri yang didirikan di pelosok dukuh Godeg Desa Ngenden Kecamatan Ampel tersebut telah tercipta 3.800 motif Batik Glugu, termasuk beberapa motif langka yang sudah tidak dapat diproduksi lagi karena sudah tidak ditemukan motifnya lagi.

Sebagaimana motif batik lain, Batik Glugu pun memiliki filosofi sebagai batik yang memberi kehidupan abadi seperti pohon kelapa yang terus memberikan manfaat saat hidup. Kayu glugunya pun masih sangat bermanfaat, bahkan Motif Seratnya sangat indah dan beragam hingga sepertinya pohon kelapa itu secara alami telah membatik sendiri dengan Motif Serat Glugunya yang unik dan tiada habis sepanjang massa.

Source Motif Glugu Seni Boyolali Batik
Comments
Loading...