Motif Gentong Dalam Batik Mega Mendung di Toko EB Batik

0 29

Motif Gentong Dalam Batik Mega Mendung di Toko EB Batik

Motif Gentong merupakan Motif Mega Mendung klasik, kemudian dikombinasikan dengan gentong. Pada Motif Mega Mendung kombinasi dengan gentong merupakan perkembangan yang terbaru dari kombinasi Motif Mega Mendung di toko EB Batik. Pada Motif Mega Mendung diberi gradasi warna hijau tua sampai hijau muda dengan latar kain berwarna kuning. Bentuk Mega Mendung tidak ada perubahan sama seperti bentuk klasik lebih mendominasi, namun hanya diberi kombinasi gentong.

Kombinasi gentong pada Mega Mendung diberi gradasi warna senada dengan motifnya yaitu berwarna hijau muda dan hijau tua. Gentong merupakan wadah atau tempat yang terbuat dari tanah liat, biasanya gentong dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat Cirebon sebagai tempat makanan khas dari Cirebon yaitu empal gentong dan sebagai tempat untuk menampung air.

Motif Mega Mendung kombinasi terdapat ornamen utama yaitu Motif Mega Mendung, ornamen pelengkap berupa gentong, terdapat isen-isen ceceg dan isen-isen galaran yang menjadi hiasan dalam ornamen gentong. Proses pembuatanya menggunakan teknik batik tulis dan bahannya menggunakan bahan katun.

Source http://eprints.uny.ac.id/27625/1/Prasetyaningtyas%2C%2007207241013.pdf
Comments
Loading...