Motif Bunga Pada Kain Batik

0 1.317

Motif Bunga Pada Kain Batik

Banyak jenis bunga yang dikenal oleh masyarakat Jawa, bunga-bunga tersebut menjadi inspirasi motif bunga pada kain batik. Dalam kenyataannya kain batik printing dengan motif bunga ada yang bentuk lebih realitis artinya lebih mirip dengan bentuk aslinya. Tentu saja dengan beberapa perbedaan dalam hal detil yang ada pada gambar. Misalnya pembuatan kain batik dengan motif kembang tanjung. Kembang tanjung memiliki bentuk bunga yang kecil-kecil berwarna putih. Maka biasanya digabungkan dengan gambar yang lain, sehingga yang sering terjadi dalam satu kain terdapat dua gambar atau lebih. Hal yang sama juga terjadi pada kain batik yang mengambil motif bunga cempaka dan bunga kenanga.
Pada daerah seperti Pekalongan, Lasem atau lainnya sering disebut sebagai motif dua negri atau tiga negri. Motif-motif bunga memang memberi banyak pilihan. Sebagian masyarakat memilih motif bunga tertentu dengan pilihan warna atau dengan pilihan corak warna tertentu. Pada umumnya masyarakat di pesisir utara memilih motif bunga dengan illutrasi warna yang dengan ceria, sedangkan pada masyarakat pedalaman lebih memilih dengan warna yang terbatas. Kain batik dengan motif bunga mawar juga lebih banyak menjadi pilihan di pesisir Utara. Kreatifitas pengrajin dalam membuat ilustrasi gambar dengan motif bunga mawar sangat bergantung pada kemampuannya dalam menumpahkan bentuk tersebut diatas kain. Motif bunga mawar biasanya tidak berdiri sendiri, biasanya dipadukan dengan bungan yang lain.
Kain batik dengan motif bunga yang lain adalah motif bunga melati dan bunga sedap malam. Motif bunga melati banyak terdapat pada motif bunga yang sering disebut motif batik lung-lungan. Ada beberapa pendapat tentang motif lung-lungan ini. Ada yang mengatakan bahwa asalnya motif ini berasal dari motif bunga melati namun ada juga yang tidak setuju. Namun jika kita tanyakan kepada pengrajin yang menggambar di atas pola memang ada yang mengatakan bahwa ini adalah pola melati. Terserah saja bagaimana akan menjelaskannya. Sementara itu di sisi lain motif sedap malam banyak dijumpai pada kain batik yang biasa dibuat oleh para pengrajin di pesisir utara. Kain batik dengan motif bunga kemuning merupakan motif yang paling banyak saat ini dibuat dengan bentuk printing. Batik ini dengan motif ini disesuaikan dengan kondisi masyarakat saat ini. Motif ini lebih banyak digemari oleh anak-anak muda jaman sekarang.
Source Motif Bunga Pada Kain Batik Batik
Comments
Loading...