Motif Bunga Kenanga

0 267

Motif Bunga Kenanga

Batik adalah salah satu kebudayaan keluarga raja-raja Indonesia zaman dahulu. Sejalan dnegan perkembanagan nilai sosial budaya bangsa Indonesia batik tumbuh berkebang menjadi kekayaan nasional bernilai tinggi. Batik sudah menyebar ke seluruh plosok daerah yang ada di Indonesia salah satunya di daerah Madiun. Batik Madiun sendiri merupakan batik tulis yang mengarah pada batik pesisiran. Batik Pesisiran merupakan batik dengan ciri khas natural degan pola gabar bunga dan kupu-kupu dan lain sebagainya biasanya terispirasi dari alam.

Motif Bunga Kenanga adalah motif andalan dari batik madiun motif ini memiliki makana wangi atau harum. Motif Bunga Kenanga yang menjadi batik andalan kemudian di kebangkan, hingga saat ini jumlah Motif Batik Kenongo ada 20 bentuk bunga kenanga yang diterapkan di Kenongorejo. Masing-masing bentuk memiliki perbedaan satu sama lain, perbedaan ini diklasifikasi dalam 3 yakni menurut fungsi, bentuk dan pengubahan bentuk.

Menurut fungsinya:

  1. Bunga kenanga sebagai ornamen utama
  2. Bunga kenanga sebagai ornamen pendukung

Menurut bentuknnya bunga kenana dibagi atas

  1. Juplah mahkota
  2. Bentuk mahkota
  3. Ada tidaknya bakal biji
  4. Kelopak

Menurut perubahan bentuk :

  1. Stilasi
  2. Deformasi
  3. Transformasi

Motif Bunga Kenanga termasuk ke dalam Batik Kenongo. Eksitensi Batik Kenongo saat ini mulai dikembangkan kembali banyak upaya baik dari pemerintah maupun dari pengrajin batik untuk tetap melestarikan Batik Kenongo agar batik kenongo tidak punah.

Source https://luiserdiana.blogspot.co.id/ https://luiserdiana.blogspot.co.id/2016/09/eksistensi-batik-kenongorejo-sebagai.html
Comments
Loading...