Motif Bawang Merah bikin Senegal Kesengsem

0 61

Motif Bawang Merah bikin Senegal Kesengsem

Tidak disangka produksi batik khas Kabupaten Brebes dengan Motif Bawang Merahnya membuat warga negara Senegal, Afrika jatuh hati. Perasaan cintanya tersebut dijabarkan kembali oleh Kepala dinas Perdagangan dan Perindustrian Pemkab Brebes, Herman Adi Hadiwardoyo SH yang menyatakan bahwa pihak Senegal melakukan pemesanan yang fantastis yakni 2.000 potong kain dalam jangka waktu 3 bulan.

Bak mendapatkan durian runtuh, sontak tawaran menggiurkan ini menjadi pekerjaan rumah terutama bagi para pengrajin batik di Brebes. Pasalnya untuk mendongkrak kapasitas produksi yang besar dangan jangka waktu relatif pihaknya belum mampu menyediakan sumber daya manusia yang memadai. Persoalan utama yang dirasakan adalah permodalan awal.

Batik Motif Bawang Merah merupakan batik tulis yang bisa diproduksi hanya 200 potong kain per bulan. Dengan demikian tawaran menggiurkan dari Senegal terpaksa ditolak. Sungguh disayangkan kesempatan emas yang mungkin tidak datang dua kali tersebut berlalu begitu saja. Padahal jumlah pengrajin batik lokal Brebes ada sebanyak 800 orang yang tersebar di Kecamatan Salem, terutama di desa Bentar dan desa Pasir Panjang. 

Source https://cantingbatik.wordpress.com/ https://cantingbatik.wordpress.com/2012/01/28/motif-bawang-merah-bikin-senegal-kesengsem/
Comments
Loading...