infobatik.id

Motif Batik yang Mudah Untuk Dibuat Menjadi Kain Batik Tulis

0 50

Motif Batik yang Mudah Untuk Dibuat Menjadi Kain Batik Tulis

Banyak yang memakai batik tetapi tidak tahu apa motif batik yang sedang dipakai, banyak sekali. Memang gampang-gampang susah mendefinisikan motif batik, terutama motif klasik, belum lagi variasi yang berdasarkan motif klasik semakin banyak pilihannya.

Berikut motif batik yang mudah untuk dibuat menjadi kain batik tulis :

Motif Kawung

Motif Kawung adalah pilihan pertama bagi yang ingin mencoba membuat motif batik yang simple. Karena hanya merupakan pengulangan sebuah motif. Motif Kawung berpola bulatan mirip buah Kawung (sejenis kelapa atau kadang juga dianggap sebagai buah kolang-kaling) yang ditata rapi secara geometris. Kadang, motif ini juga diinterpretasikan sebagai gambar bunga lotus (teratai) dengan empat lembar daun bunga yang merekah. Lotus adalah bunga yang melambangkan umur panjang dan kesucian.

Motif ini biasanya bergambar nama bunga pohon aren (buah kolang-kaling). Batik kawung berbentuk geometris segi empat di dalam pengartian kebudayaan Jawa melambangkan suatu ajaran tentang terjadinya kehidupan manusia. Pengembangan motif Kawung adalah Motif Ceplokan yang hampir mirip dengan motif kawung. Kalian bisa mencari referensi contoh untuk motif ini dan mencoba membuat kreasi motif kawung untuk batik yang kalian desain.

Motif Parang

Memiliki nilai filosofis seorang ksatria, motif parang juga salah satu yang memiliki tingkat kesulitan medium. Motif ini berisi jajaran motif seperti senjata parang yang miring melereng. Kesulitan yang dihadapi adalah bagaimana membuat motif ini memiliki dimensi miring yang sejajar. Untuk membuatnya harus menggunakan garis dulu agar terlihat rapi dan beraturan.

Meskipun hanya merupakan pengulangan motif tetapi tingkat kesulitannya lebih tinggi daripada Motif Kawung. Yang menarik, Motif Parang ini cocok untuk dikombinasikan dengan berbagai macam motif, baik motif klasik maupun motif kontemporer.  Misalnya motif udan liris, motif bunga dan motif kontemporer lain.

Motif Truntum

Motif batik yang mudah dibuat kebanyakan merupakan pengulangan dari satu motif untuk hampir keseluruhan kain batik yang berukuran sekitar 2,3 x 1,1 meter. Motif truntum ini juga merupakan pengulangan. Kesulitan yang dihadapi adalah karena motif truntum lebih kecil dan detail yang harus diperhatikan setiap motifnya. Bentuk geometrisnya biasanya merupakan segilima mini yang diulang terus menerus untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Motif ini bagus dipadukan dengan motif garuda atau motif burung merak tergantung dari pemakaian motif. Bisa juga diberikan motif wayang agar tidak terlihat kosong.

Motif Daun dan Bunga

Apabila diantara ketiga motif tersebut masih sulit, bisa kalian mulai dengan membuat motif bunga. Tidak ada pakem yang pasti untuk pembuatan motif bunga. Karena motif ini merupakan interpretasi pembuat motif untuk menunjukkan kreatifitasnya. Kombinasi motif ini adalah dengan motif parang, atau motif-motif hewan yang juga tidak memiliki pakem sendiri, motif kupu-kupu misalnya.

Banyak sekali motif bungan yang bisa menjadi pilihan kalian untuk membuat desain motif batik dengan dasar bunga.

Motif Kontemporer

Motif kontemporer merupakan motif bebas. Bisa memadukan berbagai motif yang telah ada, atau membuat motif sendiri yang berdasarkan inspirasi kalian. Meskipun begitu, untuk membuat motif full ukuran kain batik tetap harus memperhatikan komposisinya. Tidak istilahnya “ngawur”.

Batik adalah seni budaya, dan setiap motif batik memiliki filosofi sendiri, begitu juga batik buatan kalian. buatlah sebuah filosofi agar desain batik yang kalian buat menjadi berarti terutama bagi diri sendiri.

Source https://indonesianbatik.id/ https://indonesianbatik.id/2018/03/21/5-motif-batik-yang-mudah-untuk-dibuat-menjadi-kain-batik-tulis/
Comments
Loading...