Motif Batik Yang Ada di Bantul

0 1.109

Motif Batik Yang Ada di Bantul

Para seniman dan pembuat batik di Kabupaten Bantul terletak menyebar dan hampir ada di setiap daerah di wilayah Bantul. Motif yang dibuat oleh para pembuat batik ini dapat dibilang cukup beragam dan memiliki banyak jenis motif, mulai dari motif batik tradisional sampai dengan pembatik yang suka membuat motif batik yang berjenis modern. Secara garis besar motif batik yang terdapat dan dibuat di wilayah kota Bantul pada umumnya dapat dibagi menjadi dua kelompok besar.

Kelompok motif batik pertama adalah motif batik yang merupakan motif batik yang asli dibuat oleh para seniman dan pembuat batik yang ada di Bantul. Motif yang dibuat ini adalah motif yang merupakan pengembangan dari sebuah motif batik tradisional yang kemudian mengalami inovasi oleh para seniman batik di daerah Bantul sehingga menciptakan sebuah motif batik yang benar-benar baru sebagai sebuah hasil akhir. Motif batik yang masuk dalam kategori Motif batik asli Bantul adalah Motif Batik Kembang Kenanga Krembyah, Motif Batik Kembang Pace, batik dengan Motif Kembang Bangah, Dopo Tanjung, Tambal, Sekar Jagat dan juga motif batik yang bernama Motif Batik Alas-alasan.

Kelompok motif batik kedua di daerah Bantul ini adalah motif batik yang merupakan motif batik yang asli diciptakan oleh para penduduk dan juga seniman batik yang berasal dari Bantul. Motif ini pada umumnya dapat dilihat pada Motif Batik Naga Kuluk, Motif Batik Laba-Laba, Ketepeng Kebo, Binatang Laut, dan masih banyak lagi yang merupakan motif batik asli buatan masyarakat Bantul.

Source Motif Batik Yang Ada di Bantul Batik
Comments
Loading...